Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Asosiasi Floorball Indonesia (PP AFI) akan menggaungkan olahraga floorball mulai dari ranah satuan pendidikan.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PP AFI Ganefri setelah dilantik oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat Marciano Norman di Gedung KONI, Jakarta , Senin.
 
"Kami akan mengoptimalkan pembinaan di tingkat satuan pendidikan mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi. Bersama-sama kami akan memasyarakatkan olahraga floorball di Indonesia ini, salah satunya melalui satuan pendidikan," kata Ganefri.
 
Ganefri menguraikan olahraga floorball menjadi cabang olahraga yang begitu digemari oleh kalangan remaja pada umumnya, oleh sebab itu melalui satuan pendidikan diharapkan ke depannya dapat menjadi wadah bagi para penggiat floorball.
 
Floorball merupakan cabang olahraga yang tergolong baru berkembang di Indonesia. Cabang ini sangat terkenal di beberapa negara di Eropa seperti Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Latvia, Norwegia, Swedia dan Swiss.
 
Olahraga floorball masuk ke Indonesia melalui negara tetangga yang sudah mengenal floorball lebih dahulu seperti Singapura dan Australia. Induk cabang olahraga floorball di Indonesia adalah AFI yang terbentuk pada tahun 2009, dan langsung diterima sebagai anggota sementara federasi internasionalnya (IFF) di tahun yang sama.
 
“Floorball ini belum memasyarakat di Indonesia, melihat komposisi kepengurusan AFI masa bakti 2023-2027 yang merupakan putra-putri terbaik Bangsa Indonesia ... saya rasa kita bisa jadikan kampus di Indonesia sebagai tempat untuk pemasaran atau sosialisasi dan juga pembinaan floorball, maka dari sana akan lahir bibit atlet berprestasi floorball," kata Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.
 
Rencananya sebelum memasuki Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara, PP AFI akan menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Floorball di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Baca juga: Cabang floorball resmi jadi anggota KONI Pusat

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024