“Sebagai salah satu aktor dalam pelaksanaan pemilu, para penyelenggara di lapangan, baik dari KPU, Bawaslu, serta aparat lainnya harus mampu bertugas secara jujur dan adil, sehingga masyarakat bisa menyalurkan pilihan mereka secara langsung, umum, be
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendukung netralitas para penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar pemilihan berjalan secara jujur dan adil serta menghasilkan pemimpin bangsa yang sesuai pilihan rakyat.

“Sebagai salah satu aktor dalam pelaksanaan pemilu, para penyelenggara di lapangan, baik dari KPU, Bawaslu, serta aparat lainnya harus mampu bertugas secara jujur dan adil, sehingga masyarakat bisa menyalurkan pilihan mereka secara langsung, umum, bebas, dan rahasia, sesuai hati nuraninya,” kata Lestari, dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Rerie, sapaan akrab Lestari, juga menekankan pentingnya perhatian kepada para pelaksana pemilu, termasuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dalam melaksanakan tugasnya.

Diketahui, pada penyelenggaraan Pemilu 2024, KPU RI telah melantik secara serentak 5,74 juta anggota KPPS di 71 ribu lokasi pada bulan Januari lalu. Seluruhnya bertugas di 820.161 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dan di luar negeri.

“Jutaan jumlah pelaksana pemilu itu harus benar-benar mendapat perhatian bersama dari sisi keamanan, kesehatan, dan kenyamanan dalam menjalankan tugasnya agar dapat menyelenggarakan pemilu secara jujur dan adil,” ujarnya.

Ia berharap tragedi pada penyelenggaraan pemilu lima tahun lalu yang menyebabkan meninggalnya 894 petugas KPPS dan tumbangnya 5.175 petugas KPPS karena kelelahan, tidak kembali terulang.

Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu mengingatkan agar sejumlah upaya antisipasi yang telah dipersiapkan, harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

“Kesiapan para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus dipastikan bersama agar para penyelenggara Pemilu 2024 secara serentak ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai yang diamanatkan undang-undang,” ucapnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap agar setiap anak bangsa dapat menjaga dan menjamin proses Pemilu 2024 berlangsung secara jujur dan adil, sehingga masyarakat dapat memilih calon pemimpin secara langsung, umum, bebas, dan rahasia demi mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil dan makmur.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024