Rata-rata volume mencapai 18 ribu penumpang per hari dengan puncaknya terjadi pada 8 Februari 2024 di 20 ribu penumpang
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat kereta cepat Whoosh melayani 92 ribu penumpang selama libur panjang peringatan Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek pada 7-11 Februari 2024.

KCIC menyebut kenaikannya rata-rata mencapai 35 persen dibanding pekan sebelumnya.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan peningkatan itu dikarenakan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan libur Isra Mikraj, cuti bersama, dan Tahun Baru Imlek untuk berlibur baik di Bandung maupun di Jakarta.

Pada periode tersebut, KCIC mengoperasikan 208 perjalanan kereta cepat Whoosh dengan rincian 40 perjalanan reguler dan delapan perjalanan tambahan untuk mengakomodir peningkatan jumlah penumpang.

"Rata-rata volume mencapai 18 ribu penumpang per hari dengan puncaknya terjadi pada 8 Februari 2024 di 20 ribu penumpang. Adapun, mayoritas pada setiap jadwal pemberangkatan okupansi Whoosh pada musim liburan berkisar di antara 80-100 persen," ungkap Eva.

KCIC mencatat penumpang Kereta Cepat Whoosh didominasi oleh penumpang kelas premium economy sebanyak 93,4 persen dan sisanya merupakan penumpang first class dan business class.

"Rute favorit penumpang adalah Halim-Padalarang PP, di mana 80 persen dari pengguna yang berangkat dari Halim turun di Stasiun Padalarang dan sebaliknya," katanya.

Eva juga melaporkan selama musim liburan seluruh pelayanan Kereta Cepat Whoosh lancar tanpa hambatan.

"Terima kasih telah memilih Whoosh sebagai moda transportasi liburan yang handal, cepat, nyaman, dan bebas macet. KCIC akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik," ucap Eva.

Kereta Cepat Whoosh merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/jam. Kereta Cepat Whoosh memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan melayani empat Stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Baca juga: KCIC hadirkan barongsai di Stasiun Kereta Cepat Whoosh meriahkan Imlek
Baca juga: KCIC catat penumpang Whoosh meningkat 50 persen saat libur Imlek
Baca juga: KCIC terapkan tarif dinamis untuk Whoosh dijual mulai dari Rp150.000

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024