"Patroli ini dilakukan secara bersama-sama guna menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Kupang jelang Pemilu,"
Kupang (ANTARA) - Puluhan personel keamanan gabungan TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur memperketat pengamanan di wilayah tersebut di H-1 hari pencoblosan atau Pemilu 2024.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy di Kupang, Selasa mengatakan bahwa pengetatan pengamanan dilakukan dengan menggelar patroli gabungan skala besar secara bersama-sama di ibu Kota Provinsi NTT itu.

"Patroli ini dilakukan secara bersama-sama guna menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Kupang jelang Pemilu," katanya.

Pengetatan keamanan itu dilakukan tidak hanya di Kota Kupang saja, tetapi dilakukan juga di sejumlah wilayah di provinsi berbasis kepulauan itu.

Mantan Kapolres Timor Tengah Selatan (TTS) itu mengatakan bahwa pelaksanaan patroli itu juga merupakan langkah antisipasi terhadap potensi gangguan kamtibmas di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu juga, patroli gabungan yang dilaksanakan itu juga merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Turangga 2024 menjelang tahapan inti Pemilu serentak 2024.

Dia pun menjelaskan bahwa sasaran patroli meliputi tempat-tempat keramaian warga, jalan raya, giat masyarakat, berdialog serta juga memantau arus lalu lintas di Bundaran PU, dan sasaran utama Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Bawaslu.

Lebih lanjut kata dia, patroli gabungan TNI-Polri akan dilaksanakan secara rutin sebagai upaya untuk mempererat silaturahmi antara TNI-Polri, instansi terkait, dan elemen masyarakat lainnya guna menciptakan situasi yang aman, nyaman, dan tentram.

“Semoga dengan adanya patroli Gabungan TNI-Polri dan Pemprov di wilayah Kota Kupang ini bisa memberikan jaminan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat jelang tahap masa tenang dan pungut suara pada Pemilu serentak 2024,” tambahnya.

Ariasandy juga menambahkan bahwa pelaksanaan patroli bersama itu bertujuan untuk membuktikan sinergitas yang kuat antara TNI Polri serta Pemprov NTT dalam menjaga keamanan yang kondusif jelang Pemilu.

Dia juga mengatakan bahwa hingga saat ini situasi keamanan di Provinsi berbasis kepulauan itu jelang Pemilu dalam kondisi kondusif.

Masyarakat ujar dia diharapkan tetap menjaga keamanan dan ketertiban dengan tidak menyebarkan informasi bohong atau melakukan hal lain yang dapat menimbulkan konflik jelang Pemilu.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024