Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mendistribusikan 6.025 kotak suara bagi 1.205 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar pada enam kecamatan dan 51 kelurahan.

"Kami melakukan pendistribusian pada hari ini dengan pertimbangan dari aspek geografis untuk Kota Kupang tidak ada kendala, jarak terjangkau; sehingga dilakukan minimal satu hari sebelum pemilihan," kata Ketua KPU Kota Kupang Ismael Manoe usai acara pelepasan distribusi logistik Pemilu 2024 di Gudang KPU Kota Kupang, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kota Lima, Kota Kupang, NTT, Selasa.

Ismael menjelaskan dalam kotak suara itu disimpan surat suara masing-masing jenis pemilihan dan formulir untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam pemungutan dan perhitungan suara, serta perlengkapan KPPS.

Jumlah surat suara yang didistribusikan sebanyak 1.637.835 lembar untuk lima jenis pemilihan.

Selanjutnya, ada pula logistik di luar kotak suara yang ikut didistribusikan, Selasa, antara lain formulir salinan data pemilih, salinan data pemilih tambahan, Model C Daftar Hadir, tanda pengenal bagi KPPS, saksi, petugas ketertiban dan pengawas TPS, serta perlengkapan lainnya.

Baca juga: KPU: Wilayah 3T jadi fokus distribusi logistik Pemilu 2024

Guna memudahkan proses distribusi logistik, KPU Kota Kupang bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

Logistik dari Gudang KPU Kota Kupang, kata dia, diantar ke kelurahan-kelurahan untuk kemudian diterima oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Selanjutnya PPS akan mendistribusikan logistik itu ke TPS yang berada di wilayah kelurahan tersebut.

"Logistik sudah dilapisi dengan dua terpal, lalu kotak suara dibungkus dengan plastik kedap air, logistik yang ada di dalam kotak suara juga terbungkus plastik, sehingga pengamanan berlapis-lapis mengantisipasi kondisi cuaca saat ini," ucapnya.

Dari data yang ada, jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kota Kupang sebanyak 320.659 pemilih.

Selanjutnya, ada 1.205 TPS yang terdiri atas 1.203 TPS reguler dan tiga TPS di lokasi khusus, yakni lapas dewasa, rumah tahanan, dan lapas perempuan.

Acara pelepasan distribusi logistik juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang Fahrensy Funay.

Baca juga: Melintasi gelombang mendistribusikan logistik pemilu di Pulau Makalehi

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024