Lebak (ANTARA) -
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Lebak, Banten buka selama 24 jam, terutama untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada petugas Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di seluruh tempat pemungutan suara (TPS).
 
"Kita membuka pelayanan kesehatan untuk petugas pemilu dari H-3 dan sampai berakhir H+3," kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dr Budi Mulyanto di Lebak, Selasa.
 
Dinkes Kabupaten Lebak berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada petugas pemilu sesuai arahan Penjabat Bupati Lebak Iwan Kurniawan.
 
Kehadiran tenaga medis itu, kata dia, untuk menjaga petugas pemilu agar selalu dalam kondisi sehat sehingga tidak terjadi kasus seperti Pemilu 2019 yang banyak korban jiwa.
 
Ia mengatakan petugas medis yang tersebar di 42 puskesmas terdiri atas dokter, perawat, dan bidan, bersiaga selama 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Baca juga: Dinkes Bali pastikan puskesmas siap 24 jam untuk petugas pemilu
 
Selain itu, katanya, seluruh puskesmas dilengkapi dengan ambulans guna mengangkut pasien darurat ke rumah sakit rujukan.
 
Ia menjelaskan para petugas medis itu melakukan pemantauan ke seluruh TPS untuk pemeriksaan kesehatan agar petugas pemilu, di antaranya kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), panitia pemungutan suara (PPS), dan aparat keamanan dalam kondisi sehat.
 
"Semua petugas pemilu yang mendapatkan pelayanan kesehatan itu secara gratis," kata Budi.
 
Kepala Puskesmas Warunggunung Subekti mengatakan pihaknya siaga selama 24 jam. Setiap petugas kesehatan bersiaga di satu posko desa. Wilayah kerja puskesmas setempat meliputi enam desa.

Ia menjelaskan pentingnya pemeriksaan kesehatan kepada petugas pemilu, karena dapat membantu mendeteksi penyakit lebih dini sehingga pengobatan bisa segera dilakukan.
 
"Kami minta petugas pemilu jika kecapaian sebaiknya istirahat terlebih dulu dan mengonsumsi makanan dan buah-buahan," katanya.

Baca juga: Kecamatan Johar Baru berkoordinasi siagakan petugas kesehatan di KPPS
Baca juga: Pemkab Banyumas kerahkan tenaga kesehatan pantau kondisi petugas KPPS
Baca juga: Dinkes Mataram siapkan tim medis jamin kesehatan petugas KPPS

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024