Jakarta (ANTARA) - Bintang muda San Antonio Spurs Victor Wembanyama mencetak triple-double langka yaitu 27 poin, 14 rebound, dan 10 blok yang membawa kemenangan timnya 122-99 saat menghadapi Toronto Raptors di Scotiabank Arena Toronto Ontario, Kanada, Selasa WIB.

Catatan triple-double ini adalah yang kedua kalinya dicatatkan oleh Wemby pada tahun pertamanya berkarier di NBA. Catatan 10 blok ini juga yang tertingginya, setelah sebelumnya dia pernah mencatat sampai 8 blok ketika melawan Memphis Grizzlies pada 18 November lalu.

Kebanyakan para pemain NBA mencatat triple-double dengan statistik dua digit angka untuk poin, rebound, dan assist. Triple-double Wembanyama yang dibuatnya ini terbilang langka karena menyandingkan dua digit poin, rebound, dan blok.

“Saya merasa luar biasa hari ini,” kata Wembanyama seperti dikutip dari laman resmi NBA.

Baca juga: Wembanyama cetak triple-double, Spurs hapus 11 kekalahan beruntun

“Irama yang bagus, memulai permainan dengan kuat. Saya kira inilah NBA. Kami mengalami pasang surut dalam hal performa, dan hari ini adalah hari yang baik," lanjutnya lagi.

Catatan Wemby ini adalah triple-double pertama dengan blok, setelah sebelumnya dilakukan oleh Clint Capela yang mencetak 13 poin, 19 rebound, dan 10 blok untuk Atlanta melawan Minnesota pada 22 Januari 2021. Clint Capela juga merupakan pemain terakhir yang membuat 10 blok dalam satu laga, sebelum akhirnya diikuti oleh Wembanyama.

“Dia hampir sempurna,” kata pelatih Spurs Gregg Popovich.

“Jelas dia adalah pemain yang serba bisa dan bertalenta. Dia memiliki intuisi yang luar biasa terhadap permainan ini dan hal tersebut terlihat dalam berbagai cara, baik itu dalam mengumpan atau mengambil keputusan, memblokir tembakan," katanya lagi.

Sejak musim 1973-1974 ketika blok dimasukkan ke dalam daftar statistik pertandingan di NBA, Wembanyama merupakan pemain pemula keempat dan yang pertama sejak David Robinson melakukannya pada tahun 1990 yang mencatatkan triple-double dengan 10 blok.

Baca juga: Giannis dan Wemby sama-sama bersinar, Bucks menang 125-121 dari Spurs

Wembanyama juga merupakan pemain pertama sejak Hakeem Olajuwon pada 13 April 1996, yang mencatatkan setidaknya 20 poin, 10 rebound, 10 blok, dan 5 assist dalam satu pertandingan.

Rekan Wemby di Spurs, Jeremy Sochan mencetak 16 poin dan Keldon Johnson menambahkan 12 poin untuk menghentikan empat kekalahan beruntun di laga tandang.

Di kubu Raptors, Gradey Dick mencetak 18 poin, Kelly Olynyk menyumbang 17 poin, dan RJ Barrett 13 poin.

Pemain All-Star dari Raptors Scottie Barnes, yang sebelumnya mencatatkan triple-double ketiga saat kekalahan kandang hari melawan Cleveland, hanya mengumpulkan 9 rebound dan 9 assist saat melawan Spurs.

Selanjutnya, Spurs akan melawan Dallas Mavericks pada hari Kamis (15/2), dan Raptors akan menjamu Indiana Pacers di hari yang sama.

Baca juga: Thunder menang atas Raptors lewat dua overtime
Baca juga: Bucks menang atas Mavericks usai tertinggal 25 poin

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024