Ini ibukota negara, sehingga sekecil apapun kelalaian yang terjadi, akan menjadi informasi yang kurang baik. Oleh karena itu, saya ingin Kecamatan Sepaku, saya minta kesalahan zero
Sepaku (ANTARA) - Personel yang tergabung dalam Petugas Pengamanan (Pam) Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kecamatan Sepaku melakukan cek tensi tekanan darah sebelum diberangkatkan untuk menjaga TPS masing-masing selama Pemilu 2024.

Hal itu dilakukan atas perintah Penjabat (Pj.) Bupati Makmur Marbun. Ia juga mengimbau para petugas untuk selalu menjaga kesehatan selama bertugas.

“Jaga kondisi, memastikan tidak sakit sampai tanggal 14 Februari. Tidak boleh sakit, oleh karena itu jaga pola makan, jaga istirahat supaya nanti bisa bekerja dengan maksimal,” kata Marbun saat menyampaikan pidato sebelum pelepasan personel di Kantor Kepolisian Sektor Sepaku, Selasa.

Marbun menyampaikan kepada petugas Puskesmas supaya menyediakan vitamin agar imun para personel terjaga. Kesehatan personel tetap menjadi prioritas agar dapat menjaga dan mengawal masing-masing TPS dengan baik.

Ia berharap penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berlangsung dengan lancar di Kecamatan Sepaku, termasuk untuk wilayah IKN.

“Ini ibukota negara, sehingga sekecil apapun kelalaian yang terjadi, akan menjadi informasi yang kurang baik. Oleh karena itu, saya ingin Kecamatan Sepaku, saya minta kesalahan zero," ujarnya.

Di Kecamatan Sepaku sendiri, terdapat 116 TPS. Adapun hingga 9 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU) mencatat sebanyak 3.266 pekerja IKN telah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari tiga kecamatan yang mencakup Kecamatan Penajam, Sepaku, dan Waru. Sementara jumlah DPTb di luar pekerja IKN tercatat sebanyak 4.614 DPTb.

Di kawasan IKN sendiri terdapat dua TPS lokasi khusus, yaitu TPS 901 dan TPS 902. Masing-masing TPS itu nantinya akan menjadi tempat pencoblosan bagi 187 DPTb di TPS 901, dan 117 DPTb di TPS 902.

Baca juga: Polsek Sepaku lepas 66 personel untuk jaga pemilu di IKN

Baca juga: OIKN pastikan Pemilu 2024 tidak menghambat pembangunan IKN

Baca juga: OIKN bantu berikan sosialisasi Pemilu 2024 kepada pekerja IKN 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024