Kami berkomitmen untuk menghadirkan pasokan distribusi listrik yang andal agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan listrik. Selain itu untuk kenyamanan pengguna mobil listrik kami juga menyiapkan 20 SPKLU di 12 lokasi
Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) menyiagakan lebih dari dua ribu personel di area tugasnya guna menjaga keandalan listrik saat Pemilu 2024.

General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, menegaskan selama masa siaga Pemilu 11 - 18 Februari 2024 pihaknya menyiagakan 2.755 personel yang tersebar dalam 136 posko siaga PLN.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan pasokan distribusi listrik yang andal agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan listrik. Selain itu untuk kenyamanan pengguna mobil listrik kami juga menyiapkan 20 SPKLU di 12 lokasi," ujar Andy.

Selain itu pihaknya menyiapkan 141 unit genset, 86 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan 28 Uninteruptible Power Supply (UPS), guna memastikan keandalan pasokan distribusi listrik di 50 Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 169 Kantor Pemda, TNI/Polri, dan dinas terkait dalam wilayah kerja PLN UID Sulselrabar.

"Kami juga telah menyiapkan skenario dan standard operating procedure sebagai back up pasokan listrik," ujar Andy.

Baca juga: PLN NTT siagakan 1.170 personel cegah gangguan kelistrikan saat Pemilu

Di sisi pasokan, kata dia, pembangkit di Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) memiliki Daya Mampu Pasok (DMP) sebesar 2.054,6 Mega Watt (MW), Beban Puncak (BP) adalah 1.650 MW,  dengan cadangan daya sebesar 404,6 MW.

"Kami juga mengimbau apabila ada potensi gangguan, seperti pohon yang mulai mendekati jaringan, masyarakat dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile," kata Andy.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) Hasbullah turut mengapresiasi komitmen PLN UID Sulselrabar dalam mendukung pesta demokrasi tersebut.

"Terima kasih atas dukungan PLN yang telah menyiagakan personil di posko siaga dalam menjaga kelancaran pasokan listrik untuk pemilu, mulai dari Kantor KPU Provinsi Sulawesi Selatan hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Hasbullah.

Menjelang perhelatan Pemilu 2024, PLN telah jauh-jauh hari melakukan persiapan untuk memastikan pasokan distribusi listrik aman.

"Kami optimis dengan kesiapan dan komitmen PLN mengawal Pemilu serentak 2024 akan membantu penyelenggaraan pemilu di semua tingkatan," ujarnya.

Baca juga: PLN Jatim siagakan 4.782 personel jaga listrik jelang pencoblosan
Baca juga: PLN UID S2JB memastikan pasokan listrik aman selama Pemilu 2024

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024