Kulon Progo (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperkuat pengawasan pada H-1 pencoblosan Pemilu 14 Februari 2024, untuk mencegah politik uang "serangan fajar".

Ketua Divisi Penegakan Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kulon Progo Djoko Dwiyogo di Kulon Progo, Selasa, mengatakan masa tenang termasuk masa yang rawan terjadi pelanggaran.

"Hasil mitigasi yang kami lakukan, biasanya pada masa tenang banyak kampanye sembunyi-sembunyi dan politik uang. Sehingga kami menguatkan pengawasan," kata Djoko.

Ia mengatakan Bawaslu mendapatkan instruksi dari Bawaslu RI untuk melakukan patroli selama hari tenang. Patroli melibatkan seluruh jajaran, dari tingkat kabupaten sampai kalurahan.

Bawaslu Kulon Progo membagi personel dalam tiga tim patroli untuk pengawasan masa tenang. Masing-masing tim melakukan pengawasan di empat kapanewon.

"Nanti juga melibatkan Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu). Hal ini supaya proses hukum bila terjadi pelanggaran politik uang dapat ditangani cepat dan sabotase lainnya," katanya.

Selain itu, lanjut Djoko, H-1 ini, pihaknya melakukan patroli memastikan sudah tidak ada lagi APK yang terpasang dan tidak ada lagi aktivitas kampanye.

Di Kulon Progo sangat kondusif saat kampanye. Saat masa tenang, peserta pemilu juga membersihkan alat peraga kampanye secara mandiri.

"Ini sangat membantu petugas dari KPU, Bawaslu dan Satpol PP yang membersihkan APK," katanya.

Bawaslu Kulon Progo juga memastikan pendistribusian logistik tersalurkan semua dari gudang KPU sampai ke TPS paling lambat hari ini.

"Hal ini untuk memastikan kelengkapan logistik dan pembuatan TPS yang sesuai regulasi," katanya.

Djoko mengatakan saat ini, pihaknya sedang beristirahat dan dilanjutkan patroli pada Selasa, 19.00 WIB. Kegiatan patroli ini melibatkan unsur kepolisian dan kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu untuk memastikan juga tidak adanya pelanggaran yang mengarah ke pidana pemilu seperti politik uang ataupun keamanan yang mengancam pada proses pemungutan dan penghitungan suara sampai besok dini hari.

"Kami siap mengawal pemilu di Kulon Progo berjalan lancar, dan aman," katanya.

Baca juga: Bawaslu periksa caleg tawarkan hadiah umrah dan mobil kepada pemilih
Baca juga: Kemenkes pastikan fasyankes siaga 24 jam saat pemilu

Pewarta: Sutarmi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024