Beijing (ANTARA) - Lebih dari 273,75 juta perjalanan penumpang ditangani oleh sektor transportasi China pada Minggu (11/2), hari kedua liburan Tahun Baru Imlek, naik 22,6 persen dibanding hari yang sama tahun lalu, menurut data resmi.

Dari total tersebut, lalu lintas jalan tol menyumbangkan 261,64 juta perjalanan penumpang, naik 21 persen secara tahunan (year on year/yoy), menurut sebuah tim kerja khusus yang dibentuk pada Januari lalu guna memastikan keselamatan dan kelancaran operasional arus mudik Festival Musim Semi tahun ini.

Arus lalu lintas kereta meningkat 71,8 persen menjadi lebih dari 8,97 juta perjalanan tahun ini, sementara perjalanan via udara melonjak 75,3 persen ke angka 2,17 juta dan perjalanan penumpang melalui jalur perairan meningkat 42,2 persen menjadi 977.000.

Tahun Baru Imlek atau Festival Musim Semi, yang merupakan festival terpenting di China, jatuh pada 10 Februari tahun ini. Arus mudik, yang biasanya menjadi periode dengan permintaan transportasi yang tinggi di saat masyarakat mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga, dimulai pada 26 Januari dan akan berlangsung hingga 5 Maret mendatang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024