Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan seluruh logistik Pemilu 2024 sudah terdistribusikan ke TPS-TPS di wilayah setempat.

Ketua KPU Kota Batam Mawardi di Batam, Selasa mengatakan pihaknya telah memastikan proses pendistribusian logistik berlangsung dengan lancar hingga ke titik-titik lokasi TPS.

"Kami memastikan bahwa semua surat suara yang dibutuhkan untuk Kota Batam yang lebih kurang 4,3 juta sudah terdistribusi ke TPS-TPS sesuai dengan sasarannya. Tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu," kata Mawardi saat diwawancara setelah melakukan pemusnahan surat suara rusak di Gudang KPU Kota Batam.

Ia menyampaikan persoalan geografis dalam pendistribusian menjadi prioritas bagi KPU untuk melakukan penyaluran kepada wilayah-wilayah pulau penyangga di Kota Batam, diantaranya Pulau Galang, Pulau Bulang, Pulau Ngenang, dan Pulau Belakangpadang.

"Kawasan hinterland ini sudah menjadi prioritas kami, bahkan pada hari pendistribusian di tanggal 7-8 Februari kemarin," kata dia.

Sebelumnya, KPU Kota Batam memastikan keamanan dalam proses pendistribusian logistik Pemilu 2024 melalui Sistem Informasi Logistik (Silog).

Ketua KPU Kota Batam Mawardi mengatakan Silog berfungsi untuk melacak pergerakan dari setiap logistik yang disalurkan.

"Jadi, modelnya seperti proses pengiriman barang melalui ekspedisi, yang kita bisa lihat dimana posisi barang tersebut. Dan barcode itu ditempelkan di kotak suara. Artinya kita tahu posisinya sampai dimana logistik yang kita kirim. Ini langkah mitigasi kita," kata Mawardi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.


 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024