Jakarta (ANTARA) - Hujan berintensitas ringan mengguyur Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Gambir, Jakarta, Pusat, Rabu pagi, yang menjadi lokasi penyaluran hak politik Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi.

Tenda TPS berbalut kain merah putih dan beratap terpal yang disiapkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sejak tiga hari lalu, pagi ini tampak lusuh karena basah. Tidak terjadi kebocoran air di dalam tenda

Tenda itu berdiri tepat di pelataran upacara Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jalan Veteran 10, Jakarta Pusat.

Tujuh petugas KPPS yang dipimpin Hamdi Basjar tampak sudah hadir di TPS 10 sejak pagi dan memulai aktivitasnya dengan memindahkan sejumlah alat kebutuhan pencoblosan suara, seperti surat suara, kotak suara yang terbuat dari kardus, hingga berkas-berkas dari dalam lobi kantor LAN menuju tenda TPS.

Hingga pukul 07.00 WIB, belum tampak pemilih yang hadir, namun puluhan wartawan dari berbagai media massa nasional sudah berkerumun di ruang terbuka samping tenda. Mereka umumnya menggunakan payung untuk melindungi diri dari guyuran hujan.

TPS tersebut merupakan lokasi bagi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi untuk menyalurkan hak politiknya. Hal itu diketahui berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS setempat yang menempatkan Presiden Jokowi pada nomor urut 50, sedangkan Iriana memperoleh nomor 47 dari total 120 pemilih yang terdata di Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 10 Gambir.

Selain itu, Ketua KPPS setempat, Hamdi Basjar, beserta perwakilan anggotanya telah menyerahkan surat undangan pemungutan suara kepada Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/2).

TPS 10 yang berdomisili di RW02 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, menempati area lahan di lingkungan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jalan Veteran Nomor 10 Gambir.

Area tersebut merupakan lokasi TPS yang sama saat Presiden Jokowi menyalurkan hak politiknya pada kontestasi Pemilu 2019, yang saat itu merupakan TPS 08 Gambir.

Presiden beserta Ibu Negara diperkirakan tiba di TPS 10 Gambir sekitar pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.

Situasi jelang kedatangan Presiden di sekitar TPS 10 memperoleh pengawalan dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Sejumlah pasukan bersegaram gelap itu berjaga di lokasi sejak pukul 05.00 WIB untuk mengawal Presiden dan Ibu Negara.

Selain itu, juga ada petugas berseragam kepolisian yang turut berjaga di sekitar TPS serta sejumlah akses jalan menuju TPS.

Baca juga: Presiden dan Ibu Negara gunakan hak pilih di TPS 10 Gambir Jakarta

Baca juga: Petugas KPPS di TPS Jokowi kenakan busana budaya Betawi

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2024