Jakarta (ANTARA) -
Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dihadiri calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, kompak menggunakan seragam pakaian khas Betawi.

Pakaian tersebut yakni kemeja khas berwarna putih, dilengkapi kain sorban batik yang dikalungkan di leher dan mengenakan kopiah yang dipasangi bros lambang Garuda Pancasila. Adapun TPS tempat Muhaimin mencoblos yakni TPS 23 Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan.

"Tim panitia tujuh orang sudah komplit, dan juga sudah dihadiri oleh petugas Bawaslu, dan juga kepolisian," kata Ketua KPPS Ahmad Syarif di TPS 23 Kelurahan Bangka, Jakarta, Rabu.

Di TPS tersebut tercatat ada sebanyak 225 warga yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dalam DPT tersebut, pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut tercatat di urutan nomor 2 dengan nama Abd Muhaimin Iskandar.

Syarif mengatakan kepada sejumlah warga yang telah hadir bahwa di TPS tersebut nantinya bakal dihadiri Muhaimin, dan akan menyita banyak perhatian. Sehingga dia pun mengajak kepada warga yang hadir guna turut menjaga kelancaran proses pemungutan suara di TPS tersebut.

"Dan saya harap bisa lancar dan kooperatif," kata dia.

Pada hari pemungutan suara ini, Muhaimin diagendakan terlebih dahulu melakukan ziarah ke TPU Jeruk Purut yang di kawasan Kemang, Jakarta, yang tak jauh dari lokasi. Setelah itu, Ketua Umum PKB tersebut bakal menghadiri TPS untuk melakukan pencoblosan.

Sedangkan pasangannya yakni Anies Baswedan, bakal mencoblos di TPS yang berada di sekitar kediamannya, di Lebak Bulus, Jakarta. Setelah kegiatan, keduanya pun dijadwalkan menjalani agenda bersama yakni memantau hasil pemilu di Rumah Pemenangan AMIN, Jalan Diponegoro, Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Surya Paloh ungkap kemungkinan koalisi antara AMIN dan Ganjar-Mahfud
Baca juga: Hujan berintensitas ringan guyur TPS Presiden di Gambir

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024