Rembang (ANTARA) -
Tempat Pemungutan Suara (TPS) Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staqub dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyalurkan hak suara di Pemilu 2024 di Rembang, Jawa Tengah, Rabu, ramai didatangi pemilih. 

Kedua tokoh nasional kakak beradik itu akan mencoblos di TPS 05 Kelurahan Leteh, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, yang berada di sekitar kompleks Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin. 

Baik TPS 05 maupun TPS  03 yang berada di lokasi yang sama itu mulai ramai dikunjungi para pemilih pada pukul 08.00 WIB.
 
Di depan TPS 03 terdapat TPS 01 yang merupakan tempat pemilihan KH Ahmad Mustofa Bisri atau dikenal dengan sebutan Gus Mus yang merupakan pimpinan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang. Gus Mus juga pernah menjadi Rais 'Aam PBNU pada tahun 2014 hingga 2015.
 
TPS 03 menempati kediaman warga, demikian juga TPS 01. Sedangkan TPS 05 menempati gudang milik PT KAI yang lokasinya satu kelurahan dan masih bisa ditempuh dengan jalan kaki.
 
Petugas TPS di ketiga tempat tersebut ada yang kompak memakai seragam putih hitam, sedangkan lainnya menggunakan pakaian batik meski tidak seragam.
 
Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di TPS tempat Ketua Umum PBNU menggunakan hak pilihnya sebanyak 205 pemilih. Sedangkan di TPS tempat Menteri Agama memilih DPT-nya berjumlah 244 pemilih, dan TPS 03 sebanyak 218 pemilih.
 
Adanya kewajiban setiap pemilih wajib membawa KTP, beberapa pemilih terpaksa pulang ke rumah terlebih dahulu untuk mengambil KTP untuk bisa menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: Ajak masyarakat tak golput, Ketua PBNU: Memilih itu menyemai kebajikan

Baca juga: Menag ajak pelajar gunakan hak pilih sesuai hati nurani

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2024