Jakarta (ANTARA/JACX) - Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan diklaim telah mendapatkan izin dari Raja Arab Saudi untuk membangun Kampung Haji Indonesia jika memenangkan Pilpres 2024.

Informasi itu beredar melalui aplikasi berbagi pesan instan WhatsApp pada hari pemungutan suara di Indonesia, 14 Februari 2024.

Begini isi klaimnya:
"*JANJI RAJA ARAB SAUDI BILA ANIES MENANG* *Jangan heran jika Anies menang ONH 10 juta jadi kenyataan, begini penjelasanya:* ```Bila Anies menang dan jadi Presiden RI, Raja Arab Saudi akan memberikan Hak Pakai Tanah untuk didirikan "Kampung Haji Indonesia" ( baca Kawasan Pemukiman berupa Hotel ) untuk kegiatan Ibadah Haji dan Umroh. Beberapa negara Arab ( Kuwait, Qatar, Emirates dll. ) sudah siap menyumbang beberapa bangunan hotel berlantai 22 - seperti standard hotel yg ada di Kota Mekah. Dengan demikian jamaah haji Indonesia hanya cukup bayar ongkos pesawat pulang pergi sekali saja. Biaya Akomodasi,penginapan,makan,visa dll tentunya lebih murah bisa ditekan hingga 90% karena konsepnya sama halnya dengan tinggal di Kampung sendiri. Konsep yang cerdas dan briliant. Semoga Alloh SWT meridhoi dan mengabulkan doa umat untuk kemenangan Anies - Muhaimin. ``` *AAMIIN YAA ROBBAL'ALAMIIN* _Jangan heran kalau Anies menang ONH jadi Rp 10 juta dan tak perlu nunggu lama puluhan tahun._ *Share sebanyak banyaknya ke semua orang, sampaikan agar kabar baik ini jadi kenyataan hanya dengan menangkan Anies.*

Bagaimana kebenaran dari informasi tersebut?

Penjelasan:
Sejumlah media arus utama Tanah Air pada 8 Februari 2024, masif melaporkan bahwa Anies Baswedan memang berniat untuk membangun "Kampung Haji Indonesia" di Arab Saudi jika berhasil terpilih sebagai pemimpin Indonesia.

Dalam dialog bertajuk “Haji untuk Semua”, mantan Mendikbud itu menjelaskan Kampung Haji Indonesia akan menjadi kawasan yang memfasilitasi seluruh kebutuhan haji maupun umrah untuk rakyat Indonesia.

Kebijakan itu dianggap bakal memudahkan rakyat. Terlebih, kegiatan haji dan umrah akan selalu ada sampai kapan pun selama ada masyarakat muslim Indonesia, kata Anies. Rujukan informasi itu bisa dilihat di sini.

Meski demikian, tidak ada infromasi valid yang membuktikan bahwa saat ini rencana Anies soal Kampung Haji Indonesia telah direstui Raja Arab Saudi.

Narasi yang menyebutkan Arab Saudi sudah siap memberikan hak pakai tanah dan bakal menyumbang beberapa bangunan hotel berlantai 22 untuk mewujudkan rencana Anies, juga tidak disertai bukti informasi resmi.

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama sejumlah media di Indonesia.

Cek fakta: Hoaks! Foto amplop pembagian uang kampanye akbar Anies-Muhaimin

Cek fakta: Cek fakta klaim Anies kenaikan gaji TNI di era SBY sembilan kali sedangkan era Jokowi tiga kali.

Cek fakta: Disinformasi! Foto keadaan luar JIS saat kampanye akbar Anies-Muhaimin





 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024