Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengimbau para pendukung pasangan calon nomor urut 1 Anies-Muhaimin (AMIN) dan masyarakat Indonesia untuk mencoblos surat suara pilpres pada logo "AMIN".

"Coblosnya AMIN. Ada tulisannya di jasnya itu, AMIN," kata Anies di Jakarta, Rabu.

Anies menyalurkan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 60, Jalan Lebak Bulus 2, Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu pagi.

Bersama keluarganya, Anies menyelesaikan seluruh proses pencoblosan di TPS sekitar pukul 09.00 WIB, lalu memberikan keterangan pers kepada wartawan yang berada di sekitar TPS tersebut.

Baca juga: Anies Baswedan bawa bekal doa sang ibu sebelum ke TPS

Anies pun berharap Pemilu 2024 berlangsung dengan jujur dan adil, sehingga membuat situasi tenang dan teduh. Dia meminta Pemilu 2024 diselenggarakan dengan jujur dan adil.

"Jangan hanya pemilu yang tenang, pemilu yang damai. Damai tapi tidak adil, gimana? Damai tapi tidak jujur, gimana? Damai dan tenang itu adalah hasil dari jujur dan adil," ujar Anies.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten dan kota dengan DPT tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Baca juga: Anies ajak masyarakat Indonesia salurkan hak suara di Pemilu
​​​​​​​
Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.
​​​​​​​
Kemudian, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.
​​​​​​​
Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Baca juga: Anies Baswedan salurkan hak suaranya di TPS 60 Lebak Bulus

Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada Rabu, 14 Februari 2024.

Sementara itu, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Baca juga: Muhaimin plong setelah lihat fotonya pada surat suara ketika di TPS

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024