Kabupaten Bogor (ANTARA) - Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) tempat dia memberikan suara di TPS 033 Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Prabowo memberikan suaranya di TPS 033 Bojong Koneng yang lokasinya di Lapangan GDR Bojong Koneng, Jawa Barat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada KPPS, petugas TPS, lancar,” kata Prabowo di hadapan para jurnalis selepas memberikan suaranya di TPS 033.

Dia mengaku saat ini hanya berharap yang terbaik dan menunggu hasil. “Insya Allah kita tunggu hasilnya,” kata Prabowo.

Di wilayah Bojong Koneng, hujan turun sejak dini hari sampai sekitar pukul 07.00 WIB. Alhasil, lapangan tempat TPS Prabowo memberikan suaranya pun berlumpur dan becek.

Meskipun lapangan berlumpur, Prabowo tidak ragu untuk berjalan kaki dari kendaraan pribadinya, B 108 PSD, menuju TPS. Dia menyusuri pinggir lapangan untuk menghindar dari jalanan yang licin.

Di sepanjang jalan menuju TPS, dia menyapa warga dan bersalaman dengan mereka yang sengaja mendekati Prabowo untuk menyapa capres nomor urut 02 itu.

Di TPS itu, Prabowo mengikuti prosedur untuk memilih.

Dia menunjukkan surat undangan ke petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 033 Bojong Koneng, kemudian Prabowo diarahkan untuk duduk mengantre giliran mencoblos di bilik suara.

Prabowo menunggu sekitar lima menit sampai akhirnya ada bilik suara yang kosong.

Dia pun menggunakan bilik suara pertama yang berdekatan dengan meja petugas KPPS. Dari arah seberang, Prabowo terlihat membuka surat suara dan melipatnya kembali usai surat suara dicoblos.

Kemudian, Prabowo juga menunjukkan surat suara yang terlipat ke arah jurnalis foto dan TV yang berkerumun di depan kotak suara dan di seberangnya. Prabowo lalu memasukkan satu per satu surat suara sesuai jenisnya ke dalam kotak suara.

Prabowo berada di lokasi TPS, sejak dia tiba sampai akhirnya kembali, selama lebih dari 10 menit. Tidak lupa, sebelum masuk ke mobilnya, Prabowo juga menyapa dan bersalaman dengan warga Bojong Koneng yang sama-sama memilih di TPS 033.

Dalam perjalanan menuju kendaraannya, Prabowo menolak berjalan di atas karpet hijau yang disediakan ajudan-ajudannya. Dia memilih berjalan di atas tanah yang becek dan berlumpur menuju kendaraannya.

Prabowo kemudian meninggalkan lokasi TPS sekitar pukul 09.17 WIB dan kembali ke kediamannya di kawasan Hambalang, Sentul, Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dari Hambalang, Prabowo dijadwalkan melanjutkan perjalanannya ke kediamannya di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta Selatan, Jakarta.

Dia akan mengecek beberapa lokasi penghitungan suara cepat (quick count) di tiga lokasi, yaitu Djakarta Theatre pada pukul 14.00 WIB, Hotel Bidakara di Jakarta Selatan, dan terakhir menghadiri nonton bareng quick count di Istora Senayan.

Sebelumnya, Selasa (13/2), Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Nusron Wahid menyebut Prabowo hadir di Istora Senayan bersama cawapres Gibran Rakabuming Raka, ketua umum dan pengurus partai politik Koalisi Indonesia Maju, serta petinggi dan anggota TKN Prabowo-Gibran.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran didukung oleh Koalisi Indonesia Maju, yang terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, PRIMA, PSI, Partai Demokrat, Partai Gelora Indonesia, dan Partai Garuda.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Kemudian, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada tanggal 14 Februari 2024.

Sementara itu, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.
Baca juga: Prabowo ikut antre bersama warga saat berikan hak pilihnya di TPS 033
Baca juga: Prabowo dijadwalkan gunakan hak pilih di TPS 033 Bojong Koneng
Baca juga: Prabowo bangga Unhan pertama kalinya wisuda sarjana kedokteran militer

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024