Sentani (ANTARA) - Tenaga kesehatan (Nakes) di 22 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) melakukan pemeriksaan terhadap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 568 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kabupaten Jayapura, Papua.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan oleh nakes Puskesmas Dosay, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura sebelum proses pencoblosan pada Rabu.

Kepala Puskesmas Dosay Wihelmina Klembiab di Sentani, mengatakan pemeriksaan kesehatan terhadap KPPS sangatlah penting dan harus terjamin demi kelancaran dan suksesnya Pemilu 2024.

“Kami menurunkan tenaga kesehatan ke setiap kampung yang ada di Distrik Sentani Barat pada untuk memeriksa kesehatan dari petugas PPS, KPPS, Pengawas Pemilu, maupun petugas keamanan TPS,” katanya.

Menurut Wihelmina, apa yang dilakukan ini sesuai dengan surat edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/133/2024 tentang Dukungan pelaksanaan pelayanan kesehatan pada Pemilihan Umum (Pemilu ) dan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) tahun 2024 juga perintah langsung Pj Bupati Jayapura melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura.

“Kami menurunkan delapan tenaga kesehatan, di antaranya dua orang dokter dan enam orang perawat, mereka mulai melakukan pemeriksaan dan pengobatan dari Kampung Dosay, Kampung Sabron Sari, Kampung Sabron Yaru, Kampung Waibron dan terakhir di Kampung Maribu,” ujarnya.

Dia menjelaskan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan menemukan ada beberapa orang yang mengalami sakit malaria dan hipertensi, namun hal itu mampu ditangani oleh dokter dan perawat Puskesmas Dosay dengan memberikan obat dan arahan.

“Kami pastikan semua petugas penyelenggara Pemilu dapat bekerja dengan baik dan sukses,” katanya.

Dia menambahkan bagi semua petugas penyelenggara Pemilu diharapkan dapat memanfaatkan waktu dengan baik, makan dan minum yang cukup dan bergizi juga beristirahat yang cukup agar kondisi fisik terjamin untuk melakukan kerja – kerja saat proses Pemilu berlangsung.

Puskesmas Dosay menginformasikan kepada semua penyelenggara Pemilu di Distrik Sentani Barat apabila ada yang mengalami sakit ataupun gejala sakit, segera dapat menghubungi petugas Kesehatan Puskesmas Dosay secepatnya, karena sesuai dengan perintah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura semua Puskesmas harus siap siaga 24 jam di masa Pemilu untuk melayani.

Baca juga: Masyarakat Kabupaten Jayapura bersemangat dirikan TPS

Baca juga: Dinkes Jayapura siagakan tenaga kesehatan pada Pemilu 2024

Baca juga: KPU Jayapura berharap masyarakat 139 kampung tidak golput kawal Pemilu

 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024