Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menunjukkan jari kelingking mereka tertanda tinta sebagai bukti telah menyalurkan hak suara mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta, Rabu.

Jokowi dan Iriana memperlihatkan jari kelingking mereka kepada wartawan usai mencoblos di tenda TPS yang berada di pelataran lapangan Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jalan Veteran 10, Jakarta Pusat.

Jokowi dan Iriana tiba di TPS itu sekitar pukul 08.50 WIB dan memulai proses pencoblosan dengan mengisi daftar hadir di meja pertama Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 10 Gambir.

Selanjutnya, petugas KPPS mempersilakan Jokowi dan Iriana duduk di bangku tunggu sekitar 3 menit.

Baca juga: Presiden Jokowi berharap Pemilu bisa diikuti seluruh rakyat Indonesia

Setelah seluruh persyaratan dinyatakan lengkap, petugas menyerahkan empat surat suara, yakni untuk pemilihan pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota DPD RI, anggota DPR RI, dan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Selanjutnya, Jokowi dan Iriana dipersilakan menuju bilik suara pencoblosan. Jokowi berada di dalam bilik suara sekitar 2 menit untuk menentukan kontestan pilihannya.

Usai memasukkan kertas suara ke dalam kotak suara sesuai jenisnya, Jokowi dan Iriana mencelupkan jari kelingking kanan mereka ke dalam botol berisi tinta di meja petugas KPPS.

Baca juga: Jokowi: Kalau ada kecurangan, bisa lapor ke Bawaslu

Dengan wajah sumringah, keduanya menghampiri kerumunan wartawan di samping tenda sembari mengangkat tangan dan menunjukkan jari kelingking.

"Pemilunya berjalan dengan lancar. Seluruh rakyat bisa menggunakan hak pilih dengan baik dan semuanya berlangsung dengan jurdil dan luber dan aman," ujar Jokowi.

Jokowi dan Iriana lalu meninggalkan TPS 10 Gambir sekitar pukul 09.06 WIB, dengan menggunakan mobil kepresidenan yang terparkir di samping tenda TPS tersebut.

Baca juga: Presiden sebut kenaikan harga beras disebabkan gangguan distribusi

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024