Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersikap jurdil, jujur adil, dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

"Semua masyarakat juga menunggu kinerja dari KPU dan Bawaslu; yang diinginkan, ya, jurdil dan sebagainya, bisa berjalan dengan baik," kata Moeldoko ditemui di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 66 Jalan Kavling Kowilhan, Cilangkap, Jakarta Timur, Jakarta, Rabu.

Menurut Moeldoko, dua lembaga tersebut tidak boleh diintervensi oleh pihak mana pun dalam menjalankan pemilu.

Dengan prinsip netralitas yang dipegang KPU dan Bawaslu, Moeldoko yakin Pemilu 2024 di seluruh daerah di tanah air akan berjalan dengan adil dan dapat melahirkan pemimpin yang diinginkan masyarakat.

Baca juga: Moeldoko: Pernyataan Presiden soal kampanye adalah edukasi demokrasi

Dia juga mengimbau kepada seluruh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sekarang sedang bekerja untuk tetap menjaga kesehatan dalam menjalankan tugasnya.

Untuk diketahui, Moeldoko bersama keluarganya menggunakan hak suaranya di TPS 66, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu. Kedatangan Moeldoko langsung disambut beberapa warga yang sudah berada di TPS.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten dan kota dengan DPT tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Kemudian, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Baca juga: Moeldoko sebut presiden miliki hak untuk berpolitik
​​​​​​​
Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.
​​​​​​​
Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada Rabu, 14 Februari 2024.

Sementara itu, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Baca juga: Moeldoko ingatkan pihak terkait siap layani kesehatan petugas pemilu

Pewarta: Walda Marison
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024