Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengingatkan kembali masyarakat Indonesia untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan menggunakan hak pilihnya untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurutnya dengan menggunakan hak pilih masyarakat bisa ikut berpartisipasi memilih pemimpinnya di masa depan.

"Saya dan keluarga sudah menggunakan hak pilih. Kami minta juga seluruh Warga Negara Indonesia yang belum memilih untuk segera datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya," kata Budi ditemui di TPS 001 Senayan, Jakarta Selatan, Rabu.

Baca juga: Menkominfo lakukan pencoblosan Pemilu 2024 didampingi keluarga lengkap

Budi mengatakan dirinya telah memantau animo masyarakat dari berbagai kanal dan melihat banyak yang telah menggunakan hak pilihnya untuk berkontribusi pada Pemilu 2024 ini.

Namun demikian, imbauan terus disuarakan agar masyarakat yang masih ragu dan belum menggunakan hak pilihnya juga dapat tergerak dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Ia berharap perhelatan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan berlangsung damai sesuai dengan seruan Kementerian Kominfo yaitu Pemilu Damai.

"Semoga pemilu damai 2024 bisa kita wujudkan," begitu harapan Budi.

Baca juga: Menkominfo minta gen Z tak buang kesempatan memilih di Pemilu 2024

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Baca juga: Menkominfo ajak gen Z ke TPS pada hari pencoblosan gunakan hak suara

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024