Kupang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Ayodhia G. L. Kalake ikut memberikan hak suara dalam pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 010 Kelurahan Oebobo, Kota Kupang.

"Jadi pertama-tama kita bersyukur penyelenggaraan Pemilu di NTT khususnya Kota Kupang berjalan secara lancar, aman, dan tertib," kata Ayodhia usai memberikan hak suara di TPS 010 Kelurahan Oebobo, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Rabu.

Sebagai pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), ia bersama sang istri, Sofiana Milawati Kalake tiba di TPS tersebut pada pukul 12.30 WITA.

Setelah mendaftarkan diri pada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan menunggu beberapa menit, ia diberi kesempatan untuk melakukan pemungutan suara bagi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Ia pun mengikuti seluruh alur pemungutan suara dengan baik mulai dari pencoblosan, lalu memasukkan surat suara ke kotak suara, hingga mencelupkan kelingking kiri ke tinta sebagai bukti telah melakukan pemungutan suara.

Sebelum memberikan hak suara, Ayodhia melakukan kunjungan ke beberapa TPS untuk memantau proses penyelenggaraan pemilu di Kota Kupang.

Ia memberikan apresiasi kepada warga Kota Kupang yang antusias mengikuti pemilu meski kondisi hujan deras.

"Tadi keliling lima atau enam TPS, memang masih hujan tapi masyarakat tetap gunakan hak pilihnya, gunakan payung atau jas hujan mereka tetap antusias," katanya memuji.

Selanjutnya ia menyemangati para petugas KPPS di seluruh NTT yang tengah bertugas untuk menyukseskan pemilu hari ini.

Ia menyebut adanya dukungan suplemen yang disiapkan untuk menunjang kesehatan para petugas.

"Kami berharap semua dapat bekerja aman dan nyaman serta tidak kekurangan suatu apa pun," katanya menandaskan.
Baca juga: 2.119 personel TNI disiapkan amankan Pemilu 2024 di NTT
Baca juga: Penjabat Gubernur NTT ingatkan penjabat bupati tidak intervensi KPU

 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024