Bekasi (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) Basuki Hadimuljono menyalurkan hak pilih selaku pemilih khusus di tempat pemungutan suara(TPS) 161 Kemang Pratama, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi pada Pemilu 2024.

Basuki tiba di TPS 161 Kemang Pratama pukul 12.05 WIB bersama istri, anak dan menantu, serta cucu dari kediaman yang hanya berjarak 50 meter dari lokasi pemungutan suara dengan berjalan kaki.

"Kalau yang pindahan mulainya jam 12.00 WIB. KTP di sini, rumah lama digusur ya, terus pindah ke sini, namanya DPK (Daftar Pemilih Khusus) ya," kata Basuki saat menuju TPS, Rabu.

Dia mengaku sempat berpikir-pikir sebelum menyalurkan hak suara hari ini dan tinggal menunggu bagaimana hasil pemungutan suara pada Pemilu 2024. Dirinya bahkan sempat menjalankan shalat tahajud untuk mendapatkan gambaran pilihan pemimpin terbaik.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berfoto bersama petugas KPPS TPS 161 Kemang Pratama, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Basuki berharap pemimpin terpilih ke depan merupakan kepala negara yang dipilihkan oleh Allah SWT sebagai yang terbaik hingga mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi ke depan.

"Semua kan harus begitu, minimal bisa melanjutkan apa yang telah dicapai saat ini dengan tantangan ke depan yang lebih berat. Semoga dipilihkan oleh Allah SWT pemimpin terbaik," katanya.

Basuki Hadumuljono masuk kategori daftar pemilih khusus karena tidak masuk pada data daftar pemilih tetap namun tinggal di kawasan permukiman sekitar TPS.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 161 Kemang Pratama Kota Bekasi menjadwalkan pemungutan suara untuk daftar pemilih khusus mulai pukul 12.00 hingga 13.00 WIB setelah menuntaskan pencoblosan untuk warga kategori daftar pemilih tetap.

Di TPS 161 terdapat 151 pemilih yang terdaftar sebagai pemilih tetap berdasarkan hasil pendataan petugas penyelenggara pemilihan umum 2024 sedangkan dua pemilih lain masuk kategori daftar pemilih tambahan sedangkan Menteri PUPR masuk kategori pemilih khusus.

Pada pesta demokrasi rakyat 14 Februari 2024 ada tiga pasangan calon presiden-wakil presiden masing-masing pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
Baca juga: Menteri PUPR shalat Tahajud sebelum mencoblos di TPS 161 Pemilu 2024
Baca juga: Basuki jelaskan alasannya tak dampingi Jokowi resmikan jalan tol Sumut
Baca juga: Basuki: Perbaikan tanggul jebol Sungai Wulan ditargetkan tiga hari

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024