Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di TikTok dan X menampilkan foto Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menunjukan jari telunjuknya dengan tinta biru.

Dalam unggahan tersebut, Sri Mulyani diklaim mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Akhirnya Sri Mulyani sudah mencoblos di USA 

Salam satu jari

Kode Alam semesta 01”

Namun, benarkah Sri Mulyani berpose dan mendukung paslon 01 seusai mencoblos di USA?

 

Unggahan yang menarasikan Sri Mulyani berpose dan mendukung paslon 01 seusai mencoblos pada pemilu 2024. Faktanya, foto tersebut merupakan saat Pemilu 2019. (TikTok)
Penjelasan:

Dilansir dari berita ANTARA, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyalurkan hak suara Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 73, Jalan Mandar X, Taman Bintaro Jaya Sektor 3A, Pondok Karya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Rabu pagi.

Sri Mulyani hadir di TPS 73 tepat pukul 09.00 WIB. Bendahara Negara itu menggunakan kemeja hitam dan hadir bersama dengan suaminya Tonny Sumartono.

Foto Sri Mulyani tersebut diambil pada Rabu, 17 April 2019 ikut mencoblos dalam Pemilu Presiden 2019. Sri mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 77 yang tak jauh dari kediamannya di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

Usai memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke kotak suara, Sri Mulyani datang ke loket tempat petugas tinta dan memilih mencelupkan jari telunjuknya. Setelah itu, Sri Mulyani menunjukkan jari telunjuknya tersebut ke hadapan wartawan.

Cek fakta: Misinformasi! Video Sri Mulyani resmi mundur dari Menkeu pada akhir Januari 2024

Cek fakta: Hoaks! Sri Mulyani sebut biaya negara habis untuk membiayai kampanye Prabowo-Gibran

Baca juga: Sri Mulyani minta presiden terpilih jaga kepercayaan rakyat

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024