“Saya punya masalah dengan kaki kiri saya. Sudah tidak bisa lagi yang berat-berat, (seperti olahraga) lari. Jadi, berenang paling bagus bagi saya,”
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto menyempatkan diri berolahraga berenang di kediamannya, kawasan Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, setelah dia memberikan suaranya di TPS 033 yang berjarak kurang dari 2 kilometer dari rumahnya.

Prabowo tetap meluangkan waktu untuk menjalankan rutinitasnya berenang di tengah kesibukannya mengawal jalannya pemungutan suara Pemilu 2024 hari ini.

Di hadapan awak media, Prabowo menjelaskan dia sengaja memilih berenang karena punya masalah dengan kaki kirinya.

“Saya punya masalah dengan kaki kiri saya. Sudah tidak bisa lagi yang berat-berat, (seperti olahraga) lari. Jadi, berenang paling bagus bagi saya,” kata Prabowo menjawab pertanyaan wartawan.

Dia juga mengaku berenang juga menjadi kesempatan dia untuk berkontemplasi.

“Dengan berenang saya bisa merenung di air,” kata Capres Nomor Urut 02 itu.

Dia lanjut bercerita berenang menjadi bagian dari rutinitasnya setiap hari.

“Tergantung waktu yang tersedia, bisa satu jam ya satu jam,” ujar Prabowo menjawab pertanyaan seputar rutinitasnya itu.

Dalam kediamannya di Hambalang, Prabowo berenang beberapa kali lap di kolam air hangat. Dia kemudian menyempatkan diri bertemu beberapa jurnalis dan menjawab sejumlah pertanyaan terkait Pemilu 2024.

Prabowo memberikan suaranya di TPS 033 Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, kemudian kembali ke kediamannya di Hambalang.

Dari Hambalang, Prabowo melanjutkan perjalanan ke kediamannya di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Rabu siang. Dia dijadwalkan meninjau lokasi penghitungan cepat (quick count) di Djakarta Theatre kemudian menyapa relawan dan para pendukungnya di Istora Senayan sekitar sore hari.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Kemudian, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada tanggal 14 Februari 2024.

Sementara itu, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024