Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur(NTT) Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga bersama sejumlah Forkopimda, Rabu (14/2) mengecek langsung sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Kupang untuk memastikan bahwa pelaksanaan Pemilu berjalan aman dan lancar.

"Tetap jaga kerukunan dan kenyamanan di lingkungan kita," katanya saat memantau langsung, proses pencoblosan di salah satu TPS di Kota Kupang, Rabu.

Kapolda NTT tetap mengingatkan masyarakat untuk menjaga suasana kondusif dan menghindari perselisihan karena perbedaan pilihan dalam Pemilu.

Dalam kunjungan ke sejumlah TPS tersebut Kapolda NTT didampingi oleh Komandan Korem 161/Wirasakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, Danlanud El Tari Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama (Laksma) TNI I Putu Darjatna dan sejumlah Forkompimda lainnya.

Sejumlah TPS yang dipantau tersebut yakni TPS 07 yang bertempat di , RT 09, RW 03, Keurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, di lanjutkan ke TPS 06 RT 07 RW 03 Kelurahan Oepura, kemudian di TPS 12 di Kecamatan Maulafa, lanjut di TPS 03, 07 dan 08 Alak Kelurahan Alak Kecamatan Alak RT, 19 RW, 02 Kota Kupang, serta di TPS 03 di RT,03 RW 01 Kelurahan Nunbaun Sabu.

"Harapan kita partisipasi masyarakat sebanyak banyaknya bisa hadir di TPS. Jangan ada merasa khawatir dan takut. Ini pesta demokrasi 5 tahun sekali, Masyarakat suaranya sangat berharga bagi bangsa ini," harap Irjen Pol Daniel.

Dari hasil pantauan tersebut juga dia memastikan bahwa masyarakat menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam menggunakan hak pilihnya di TPS, meskipun cuaca hujan sedikit menghambat.

"Pemilu dianggap sebagai pesta demokrasi, dan masyarakat berpartisipasi dengan senang hati," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa dari hasil pantauan, bahwa selama patroli, petugas KPPS, Linmas, dan polisi berada di lokasi TPS, menjalankan tugas dengan baik, sehingga pelaksanaan Pemilu berlangsung lancar.

"Kapolda berharap agar cuaca bersahabat dan semua pemilih dapat hadir di TPS dengan senang hati,"

Menanggapi perhitungan hasil Pemilu, Kapolda menilai bahwa situasinya tidak rawan, karena masyarakat dapat memantau dan ikut menghitung sesuai ketentuan. Dengan adanya saksi, 7 KPPS, Linmas, dan rekaman hasil perhitungan, Pemilu di wilayah NTT diharapkan berjalan aman dan tertib.

Sampai dengan selesai waktu pencoblosan, kata dia situasi dan kondisi di Kota Kupang tetap aman, dan dia berharap agar sampai selesai perhitungan pun situasi dan kondisi di Kota Kupang dan NTT secara keseluruhan berjalan aman dan lancar.
Baca juga: Polda NTT kirim 414 personel BKO kawal TPS saat Pemilu
Baca juga: TNI-Polri dan Satpol PP perketat pengamanan jelang Pemilu

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024