Jakarta (ANTARA) - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengajak masyarakat untuk ikut mengawal penghitungan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sehingga dapat menjaga kredibilitasnya.

"Kita harus sama-sama mengawal proses pemilu ini, mengawal suara rakyat. Memang banyak sekali yg bertugas mengawasi, ada petugas pengawas TPS. Ada saksi dari partai, paslon, media, anda anda semua ikut mengawasi. Nanti kita harapkan ini akan menghasilkan pemilu yang dipercaya, pemilu yang legitimate, pemilu yang kredibel," kata Pratikno di Jakarta, Rabu.

Dalam Pemilu 2024, Pratikno telah menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001 Senayan.

Ia mengajak seluruh keluarganya baik istri serta anaknya untuk ramai-ramai menggunakan hak suara mereka di TPS tersebut.

Selain berpesan untuk mengajak masyarakat mengawal hasil penghitungan suara, Pratikno juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan setelah pesta demokrasi lima tahunan itu pemilu selesai.

Baca juga: Menko Perekonomian: Pemilu tingkatkan konsumsi masyarakat

Baca juga: Mendagri jadi "pemilih pemula" harapkan Pemilu persatukan bangsa


"Tentu saja setelah dihitung kita sama-sama mengawal ini (Pemilu) nanti, yang penting rukun dan damai bersatu kembali, membangun Indonesia," tutup Pratikno.

TPS 001 Senayan diketahui juga menjadi lokasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, dan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman untuk memberikan suara mereka.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Baca juga: Menteri LHK harapkan yang terpilih amanah emban amanat rakyat

Baca juga: Seperti Menkeu, Menteri PUPR pakai baju hitam saat mencoblos di TPS

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024