Jakarta (ANTARA) -
Communication Specialist Lembaga Survei KedaiKOPI Rossi Rahardjo memprediksi pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud berpeluang kecil mengalahkan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo-Gibran.
 
"Ada peluang itu (mengalahkan perolehan suara Prabowo-Gibran di Pilpres 2024) , tapi kecil sekali. Jadi enggak akan jauh beda nanti hasilnya. Itu prediksinya," kata Rossi kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.
 
Hasil hitung cepat Kedai KOPI per pukul 15.30 WIB menunjukkan dari total data masuk sebanyak 50,35 persen, Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara sebesar 59,23 persen. Berikutnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan perolehan suara sebesar 21,84 persen. Terakhir, calon presiden dan wakil presiden nomor urut tiga Ganjar-Mahfud di posisi ketiga dengan perolehan suara sebesar 18,93 persen.

Dengan total data masuk di atas 50 persen itu, Rossi memprediksi pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya akan sulit mengalahkan perolehan suara Prabowo-Gibran.
 
"Kalau dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, ketika sudah lebih dari setengah (data masuk), biasanya kalau dari pasangan nomor satu dan tiga ini mendapatkan tambahan, enggak akan signifikan juga mengejar sampai 59 persen itu," jelas dia.

Hasil hitung cepat KedaiKOPI itu diperoleh berdasarkan informasi pada hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (tps).
 
Dalam hitung cepatnya, sampel yang digunakan KedaiKOPi adalah sebanyak 2.000 tps yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia atau 38 provinsi. Proses sampling dilakukan secara acak melalui metode penarikan acak bertingkat (multistage random sampling) yang dilakukan dari tingkat daerah pemilihan (dapil) sampai tingkat kelurahan.
 
Dengan penarikan acak bertingkat itu, hasil hitung cepat tersebut memiliki batas kesalahan (margin of error) kurang lebih 0,18 persen.

Pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Baca juga: Anies dan Ganjar masih dapat suara di TPS tempat Prabowo memilih

Baca juga: Pasangan AMIN unggul di TPS tempat Megawati "nyoblos"

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024