"Antusias warga sendiri dari tadi pagi sudah cukup ramai untuk nyoblos di sini. Walaupun tadi pagi hujan lebat ya, antusias warga, kemudian teman-teman saksi dan KPPS tinggi,"
Semarang (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul tipis dalam perolehan suara di tempat pemungutan suara (TPS) yang menjadi lokasi Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana mencoblos.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 02, Gajahmungkur, Semarang, Prahanto Yudho Bagaskoro, di Semarang, Rabu menjelaskan saat ini pihaknya baru menyelesaikan penghitungan suara untuk calon presiden dan wakil presiden.

Hasil perolehan suara di (TPS) 02, Gajahmungkur, Semarang, pasangan Prabowo-Gibran meraih 75 suara, diikuti Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan 72 suara, kemudian Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 38 suara, dan satu suara tidak sah.

Ia menyebutkan daftar pemilih tetap (DPT) di TPS tersebut tercatat sebanyak 238 pemilih, ditambah delapan pemilih yang masuk daftar pemilih tambahan (DPTb), termasuk Pj Gubernur Jateng dan sang istri.

"Antusias warga sendiri dari tadi pagi sudah cukup ramai untuk nyoblos di sini. Walaupun tadi pagi hujan lebat ya, antusias warga, kemudian teman-teman saksi dan KPPS tinggi," kata Bagas, sapaan akrabnya.

Pada pemilu sebelumnya, diakuinya, TPS tersebut juga menjadi tempat Ganjar Pranowo yang saat itu menjadi Gubernur Jateng, beserta istri dan anaknya menggunakan hak pilihnya.

"Untuk antusiasmenya sama saja ya (Saat Ganjar masih jadi Gubernur Jateng, red.), partisipasinya juga. Pemilu lalu, (DPT, red.) juga sekitar 230-an," kata Bagas yang ketika itu juga menjadi ketua KPPS.

Untuk Pj Gubernur Jateng, kata dia, masuk dalam DPTb dari sebelumnya terdata dalam DPT di Jakarta sehingga hanya mendapatkan satu lembar surat suara, yakni untuk pemilihan capres dan cawapres.

KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, bersamaan dengan Pilpres 2024.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024