Cirebon (ANTARA) -
Keraton Kanoman menjadi salah satu lokasi yang cukup unik pada pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Cirebon, Jawa Barat, karena bangunan bersejarah itu digunakan sebagai tempat pemungutan suara (TPS).
 
Juru bicara Keraton Kanoman, Ratu Mawar di Cirebon, Rabu, mengatakan bagian keraton yang difungsikan menjadi lokasi pencoblosan itu berada di halaman istana, tepatnya di dalam bangunan Pancainti.
 
Menurut dia, lokasi tersebut sangat relevan digunakan sebagai TPS, karena pada zaman dahulu bangunan Pancainti dijadikan tempat berkumpul untuk menggelar pesta.

Baca juga: TPS Benda Kerep Cirebon gunakan tinta kunyit untuk lestarikan tradisi

Baca juga: Keraton Kanoman Cirebon lestarikan tradisi siraman gong sekati
 
“Jika dikaitkan dengan kondisi sekarang, pemakaian bangunan Pancaniti itu menjadi simbol pesta demokrasi yang dilakukan di Keraton Kanoman,” katanya.
 
Mawar menilai dengan adanya TPS ini, setidaknya keberadaan Keraton Kanoman yang berdiri kokoh di masa sekarang sudah memberikan manfaat bagi kepentingan publik, khususnya pada Pemilu 2024.
 
Dalam konteks pemilu, kata dia, masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih dipersilakan datang ke Keraton Kanoman untuk memberikan hak suara.
 
Ia mengatakan momen seperti ini bisa dijadikan sarana edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya mengetahui sejarah dan keunikan cagar budaya yang ada di Kota Cirebon.
 
“Kami senang keraton ini dipilih sebagai lokasi TPS. Secara tidak langsung, masyarakat bisa lebih memperhatikan kondisi pusat cagar budaya di Cirebon,” ujarnya.
 
Lebih lanjut, ia mengungkapkan Keraton Kanoman sudah beberapa kali dijadikan lokasi TPS pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Misalnya, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2004 yang berlangsung dua putaran, banyak masyarakat menyalurkan hak pilihnya di Keraton Kanoman.
 
“Di pemilu sekarang, Keraton Kanoman kembali terpilih sebagai lokasi TPS,” tuturnya.
 
Sementara itu, Penjabat Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi memastikan tahap pemungutan suara di daerahnya berjalan aman dan kondusif.
 
Agus mengungkap dari hasil peninjauan langsung di sejumlah TPS, masyarakat di Kota Cirebon tidak mengalami kendala saat mencoblos surat suara.

Baca juga: KPU Kota Cirebon rampungkan distribusi logistik pemilu ke 1.026 TPS
 
“Kami sudah mendatangi beberapa TPS, situasinya tetap aman dan kondusif,” ujarnya.
 
Ia menambahkan pada Pemilu 2024, para pemilih di Kota Cirebon bisa menyalurkan hak suara pada 1.026 TPS dengan enam lokasi khusus yang berada di rumah sakit sampai lembaga pemasyarakatan (lapas).
 
Agus berharap situasi kondusif ini bisa terpelihara sampai proses pemilu di Kota Cirebon selesai.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024