Saya yakini, rakyat Indonesia telah menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya. Maka, mari kita bersama-sama menantikan pengumuman hasil resminya
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo meyakini rakyat Indonesia telah menggunakan hak pilih mereka pada Pemilu 2024 dengan sebaik-baiknya.

"Saya yakini, rakyat Indonesia telah menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya. Maka, mari kita bersama-sama menantikan pengumuman hasil resminya," tulis Presiden Jokowi melalui akun instagram miliknya @jokowi yang diunggah pada Rabu.

Presiden menekankan bahwa Pemilu adalah pesta demokrasi yang harus berlangsung dengan Luber-Jurdil (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil), juga diikuti seluruh rakyat Indonesia dengan kedamaian serta kegembiraan.

Kepala Negara pun menekankan kepada seluruh pihak untuk mengikuti mekanisme Pemilu 2024, termasuk jika ada kecurangan dalam proses pelaksanaan.

"Jika ada kecurangan dapat dilaporkan ke Bawaslu RI, kemudian masih ada mekanisme gugatan lanjutan di MK RI," tulis Presiden.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana tiba di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu pagi, sekitar pukul 08.48 untuk mencoblos.

Jokowi tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam, sedangkan Iriana memakai tunik brokat berwarna hijau sage dengan bawahan senada.

Di tps tersebut, Jokowi terdaftar dalam daftar pemilih tetap (dpt) dengan nomor 50, sedangkan Iriana terdaftar dengan nomor 47.

Setelah melakukan pencoblosan, Presiden Jokowi dan Iriana memperlihatkan jari kelingking mereka kepada wartawan di tps yang berada di pelataran lapangan Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jalan Veteran 10, Jakarta Pusat.

Jokowi dan Iriana juga sempat memberikan keterangan singkat kepada wartawan yang hadir meliput kegiatannya, sebelum meninggalkan tps itu pukul 09.02 WIB.

Baca juga: Prabowo-Gibran unggul di TPS Presiden Jokowi

Baca juga: Presiden Jokowi mengaku belum menonton "Dirty Vote"

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024