Jakarta (ANTARA) - TikTok sedang menguji coba fitur eksklusif baru bernama Sub Space yang memungkinkan pembuat konten TikTok LIVE dapat berinteraksi dengan pelanggan (subscriber​​) mereka.

Menurut laporan Tech Crunch, Rabu, fitur Sub Space sedang dalam pengujian tahap awal dan dirancang untuk membantu pembuat konten meningkatkan interaksi di dalam komunitasnya, sambil menawarkan keuntungan tambahan kepada pelanggan.

Pembuat konten dapat menggunakan fitur tersebut untuk mengunggah utas dengan topik tertentu dan membuat polling untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Meskipun pembuat konten TikTok LIVE sebelumnya dapat berinteraksi dengan penontonnya melalui kolom obrolan selama siaran langsung, fitur baru ini dikhususkan bagi pembuat konten untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan berbayar.

Penambahan fitur baru ini dapat menarik penonton reguler untuk mendaftar dan berlangganan agar mendapatkan akses konten eksklusif dari kreator.

Baca juga: TikTok kini berevolusi jadi YouTube

Baca juga: PUBG Mobile kolaborasi bareng 6 kreator di TikTok LIVE Fest


Dari petunjuk yang beredar, fitur ini memungkinkan pembuat konten dapat membuat utas untuk memulai percakapan dengan pelanggan mereka tentang berbagai topik.

Mereka dapat memilih untuk membuat utas berdasarkan topik yang disarankan atau membuat topik sendiri. Misalnya, mereka dapat meminta pelanggan mereka untuk memperkenalkan diri, mengajukan pertanyaan atau berbagi kesan tentang pembuat konten favoritnya.

Fitur ini juga dapat digunakan sebagai cara bagi pembuat konten untuk membagikan cuplikan atau informasi tentang konten mereka kepada pelanggan, mirip dengan fitur Broadcast Channels di Instagram.

Pembuat konten juga dapat membuat utas yang dikhususkan untuk menampilkan jadwal siaran langsung mereka agar para pelanggan tetap mendapatkan informasi terbaru mengenai siaran langsung dari pembuat konten yang diikutinya.

Fitur Sub Space lainnya adalah polling yang dapat dimanfaatkan pembuat konten untuk meminta pendapat pelanggan tentang konten siaran langsung seperti apa yang ingin mereka lihat, atau preferensi waktu berlangsungnya siaran langsung.

Fitur Sub Space ini muncul sebagai upaya TikTok untuk mempromosikan TikTok LIVE dan berpotensi menandingi platform siaran langsung, Twitch dengan menarik lebih banyak penonton dari kalangan penggemar gim.

Baca juga: AMG dan TikTok bermitra untuk perluas jangkauan konten

Baca juga: TikTok umumkan langkah baru untuk lindungi data pengguna di Eropa

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024