"Saya tidak bisa memprediksi, kita lihat sebentar, malam nanti sudah ada (hasil), baik quick count (perhitungan cepat) dan exit pool yang disempurnakan di real count (perhitungan penuh),"
Makassar (ANTARA) - Hasil penghitungan surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Wali Kota Makasar Moh Ramadhan Pomanto dan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin Pasangan Calon Prabowo-Gibran unggul di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Hasil pantauan lapangan berdasarkan data C1 Plano di TPS 001, Jalan Amirullah, Kelurahan Maricaya Selatan, Kecamatan Mamajang, tempat Wali Kota Makassar mencoblos, dari tiga pasangan calon masing-masing nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 63 suara.

Disusul pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 75 suara, dan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 43 suara. Untuk suara batal tiga suara, dan surat suara tidak digunakan 89 surat suara dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 260 pemilih.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto seusai menyalurkan hak pilihnya pagi tadi enggan memprediksi siapa paslon capres dan cawapres yang terpilih usai pemungutan suara, sebab kata pria disapa akrab Danny Pomanto, itu karena hak orang masing-masing memilih yang terbaik untuk masa depan bangsa, apalagi ketiga pasangan calon adalah putra terbaik Indonesia.

"Saya tidak bisa memprediksi, kita lihat sebentar, malam nanti sudah ada (hasil), baik quick count (perhitungan cepat) dan exit pool yang disempurnakan di real count (perhitungan penuh)," katanya menambahkan.

 .

Anggota KPPS di TPS 001, Kelurahan Sawerigading, Kecamatan Ujungpandang, menunjukkan surat suara Pilpres saat penghitungan di tempat Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mencoblos di Gedung IMMIM, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Darwin Fatir.
Di tempat terpisah, TPS tempat Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin di TPS 001 gedung Immim Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Sawerigading, Kecamatan Ujungpandang, berdasarkan hasil hitungan C1 Plano, paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul dengan memperoleh 119 suara, disusul paslon nomor urut 1 Anies-Muhaimin memperoleh 71 suara dan paslon urut 3 Ganjar-Mahfud hanya memperoleh 17 suara.

Sedangkan jumlah surat suara diterima ditambah cadangan dari DPT oleh Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) 001 sebanyak 237 lembar, terpakai 136 lembar, dan tersisa 25 lembar, untuk suara batal enam lembar.

Berdasarkan data KPU Makassar, jumlah TPS yang tersebar di 15 kecamatan dengan 153 kelurahan sebanyak 4.004 unit TPS. Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 1.036.965 juta pemilih dengan rincian laki-laki 501.371 ribu pemilih dan perempuan 535.594 ribu pemilih.

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024