Jakarta (ANTARA) - Pasangan nomor urut 02, yakni Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka unggul di TPS 1, Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Depok, Jawa Barat, tempat dimana Aktor Raffi Ahmad yang dijuluki sebagai Sultan Andara menggunakan hak pilihnya pada Rabu.

Prabowo - Gibran mengungguli pasangan lainnya dengan memperoleh sebanyak 109 suara.

Pada posisi kedua ditempati oleh pasangan nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan selisih tipis sebanyak 15 suara, karena dipilih oleh 94 orang.

Terakhir, pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud Md. berada diposisi terbawah dengan perolehan 42 suara.

Namun, pada TPS tersebut terdapat tujuh suara yang dianggap tidak sah.

Baca juga: Prabowo-Gibran unggul sementara di TPS Tokyo

 Baca juga: Nyoblos di Rembang, Menag ungkap harapan atas Pemilu 2024


Oleh karena itu, pada TPS 01, Kelurahan Pangkalan Jati Baru memiliki total 252 suara, yang terdiri dari 245 suara dianggap sah dan tujuh lainnya tidak sah pada kertas suara Pemilihan Presiden Pemilu 2024.

Aktor Raffi Ahmad usai menggunakan hak pilihnya di TPS 1 Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Depok, Jawa Barat. (ANTARA/ Putri Hanifa)

Sebelumnya, TPS tersebut menjadi tempat Raffi Ahmad memberikan suaranya pada Pemilu 2024.

Adapun, Seperti yang diketahui bahwa Raffi Ahmad secara terang-terangan memberikan dukungannya terhadap pasangan calon tertentu melalui unggahan media sosial dan keikutsertaannya pada kegiatan pasangan calon yang bersangkutan.

Namun, ia mengaku tetap menghormati capres - cawapres dari nomor urut lain, karena dianggap sama-sama memiliki tujuan untuk Indonesia yang lebih baik.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Baca juga: Anies-Muhaimin unggul di TPS tempat Edy Rahmayadi mencoblos

Baca juga: Charta Politika: Prabowo-Gibran unggul 57,11 persen dalam hitung cepat

 

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024