"Kalau suara tidak sah atau batal itu karena di coblos tiga-tiganya, ada juga mencoblos bukan di dalam kolom foto, tapi diluar. Alhamdulillah, kita bersyukur selama proses pemungutan suara kondisi dan keadaan aman dan relatif terkendali semuanya,"
Makassar (ANTARA) - Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul berdasarkan hasil penghitungan suara C1 Plano Pemilu Presiden 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I A Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Dari pantauan di Lapas Kelas I A Makassar terdapat tiga TPS hasil penghitungan suara, total perolehan suara didapatkan paslon Prabowo-Gibran sebanyak 474 suara mengungguli dua rivalnya.

Rinciannya, Di TPS 901 Lapas setempat paslon nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 68 suara. Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 204 suara dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan 15 suara.

Selanjutnya di TPS 904, paslon Anies-Muhaimin mendapatkan 43 suara, paslon Prabowo-Gibran memperoleh 135 suara dan paslon Ganjar-Mahfud mendapatkan 16 suara. Di TPS 905, paslon Anies-Muhaimin memperoleh 43 suara, pasangan Prabowo-Gibran 135 suara, dan pasangan Ganjar-Mahfud hanya enam suara.

Sementara di Rutan Kelas I A Makassar juga memiliki tiga TPS, dari tiga paslon yang dipilih masyarakat binaan, hanya paslon Prabowo-Gibran yang menang dengan total perolehan sebanyak 488 suara.

Rinciannya, di TPS 902 Rutan setempat paslon Anies-Muhaimin mendapatkan 50 suara, paslon Prabowo-Gibran memperoleh 168 suara, dan paslon Ganjar-Mahfud memperoleh 17 suara. Untuk suara yang dianggap tidak sah atau batal di TPS 902 sebanyak empat suara.

Selanjutnya, di TPS 903, paslon Anies-Muhaimin mendapatkan 53 suara, paslon Prabowo-Gibran memperoleh 199 suara, sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud hanya memiliki 19 suara. Suara tidak sah atau batal yakni tiga suara.

Dan di TPS 906 paslon Anies-Muhaimin mendapatkan 30 suara, paslon Prabowo-Gibran 121 suara dan paslon Ganjar Mahfud hanya 18 suara. Suara tidak sah atau batal dua suara.

Ketua KPPS 902 Rutan Kelas 1 Makassar Rustanto mengatakan, surat suara yang batal atau tidak sah disebabkan ada beberapa hal. Sedangkan untuk situasi di Rutan Makassar saat pelaksanaan pencoblosan berjalan aman, lancar dan kondusif.

"Kalau suara tidak sah atau batal itu karena di coblos tiga-tiganya, ada juga mencoblos bukan di dalam kolom foto, tapi diluar. Alhamdulillah, kita bersyukur selama proses pemungutan suara kondisi dan keadaan aman dan relatif terkendali semuanya," kata Rustanto menambahkan.

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024