Tolong seluruh masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara jaga ini ibu kota negara.
Sepaku, Kaltim (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi kondusif pascapencoblosan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tolong seluruh masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara jaga ini ibu kota negara. Ini barometer untuk bagaimana kita menghadapi tantangan ke depan, menghadapi pembangunan kita ke depan,” kata Marbun saat meninjau TPS lokasi khusus di Kecamatan Sepaku, Kalimantan Timur, Rabu.

Marbun mengimbau para masyarakat yang telah terdaftar untuk segera berbondong-bondong menuju TPS masing-masing untuk memilih calon pemimpin sesuai hati nurani.

Pemilu 2024 ini, menurut Marbun, menjadi spesial bagi masyarakat Kabupaten PPU mengingat menjadi momentum awal pesta demokrasi di ibu kota baru negara.

Untuk itu, Pemkab PPU bersama dengan jajaran KPU Kabupaten PPU, Bawaslu PPU, dan Otorita IKN menyediakan TPS lokasi khusus untuk para pekerja IKN.

Dua TPS itu berlokasi di Rest Area Nusantara, Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku.

“Setelah itu kami beranjak ke sini, karena (TPS lokasi khusus) menjadi prioritas karena ini kan Ibu Kota Negara. Kami di sini tadi melihat dari pagi, berjalan dengan sangat aman dan nyaman. Tidak ada hambatan yang berarti ” ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PPU mencatat total pemilih di Kecamatan Sepaku sejumlah 28.640 DPT. Di TPS lokasi khusus IKN, untuk TPS 901 tercatat ada 195 pemilih yang terdiri dari 179 DPT dan 16 DPTb.

Sedangkan untuk TPS 901, ada 120 pemilih yang terdiri dari 117 DPT dan 3 DPTb.

Baca juga: Sekretaris OIKN lakukan pencoblosan di TPS khusus IKN
Baca juga: Sejumlah pekerja IKN tak bisa mencoblos, KPU: Kami mengikuti regulasi

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024