Pagi ini kita mulai lagi penyaluran bantuan pangan (beras) 10 kg ke masyarakat yang dilaksanakan di Kantor Pos Sukasari, Bogor
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Perum Bulog kembali menyalurkan bantuan pangan beras kepada keluarga penerima manfaat (KPM) setelah sebelumnya sempat dihentikan sementara pada masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebagai upaya untuk menghindari adanya politisasi terhadap program tersebut.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis mengatakan bahwa penyaluran bantuan pangan beras kali ini dilaksanakan di Kantor Pos mengingat saat ini kantor-kantor kelurahan digunakan untuk keperluan pemilu.

"Pagi ini kita mulai lagi penyaluran bantuan pangan (beras) 10 kg ke masyarakat yang dilaksanakan di Kantor Pos Sukasari, Bogor yang kebetulan jaraknya kurang lebih 2 kilometer dari rumah saya,” kata Bayu.

Bayu memantau langsung penyaluran bantuan beras di Kantor Pos Sukasari, Kota Bogor, Jawa Barat.

Dia menyampaikan bahwa khusus hari ini pelaksanaannya dibagikan melalui Kantor Pos karena sebagian kelurahan-kelurahan tempat penyaluran bantuan pangan masih menangani kotak-kotak suara setelah pemilu.

“Selanjutnya pelaksanaannya akan kembali lagi nanti di kelurahan,” ujar Bayu.

Bayu juga menegaskan penyaluran kembali bantuan pangan beras pasca pemilu merupakan bukti bahwa program tersebut tidak memiliki keterkaitan dengan agenda politik tertentu.

“Sehingga dapat dipastikan tujuannya adalah membantu pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat yang membutuhkan,” tegas Bayu.

Bantuan pangan merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam rangka menjaga stabilitas harga beras yang sedikit mengalami kenaikan karena belum masuk musim panen.

Wawan (67) warga Kelurahan Muarasari Bogor, salah satu penerima manfaat, menuturkan dirinya merasa terbantu dengan adanya bantuan pangan beras tersebut karena tidak kesulitan lagi ketika harus mencari beras untuk meringankan kebutuhan pangan keluarganya.

"Alhamdulillah Pak, dengan adanya bantuan pangan beras ini saya merasa terbantu sekali karena tidak perlu susah-susah cari beras lagi pak,” kata Wawan.

Baca juga: Bulog sebut impor beras untuk penuhi bantuan pangan dan SPHP
Baca juga: Bapanas fokus kerjakan lima aksi untuk jaga stabilitas harga beras
Baca juga: Bulog pastikan penyaluran bantuan pangan dilanjutkan 15 Februari

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024