menjadi bukti tak terbantahkan ... kerja Jokowi diterima rakyat
Jakarta (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka atas pencapaian mereka yang unggul dalam hitung cepat (quick count) hasil Pilpres 2024.

"Meski bukan hasil resmi, hitung cepat semua lembaga survei menyebut pasangan Pak Prabowo dan Mas Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024 dalam sekali putaran. Untuk itu, kami mengucapkan selamat," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Grace mengatakan kemenangan itu berdasarkan atas ide keberlanjutan dan menjadi bukti kepuasan rakyat terhadap hasil kerja Presiden Joko Widodo.

"Ini merupakan kemenangan atas ide keberlanjutan, menjadi bukti bahwa rakyat sangat percaya dan puas dengan kerja-kerja Pak Jokowi selama dua periode," ucap Grace.

Baca juga: PSI optimistis raih kursi di Senayan

Dia juga mengatakan bahwa keunggulan pasangan calon Prabowo-Gibran di hitung cepat menjadi bukti bahwa hasil kerja Jokowi diterima oleh rakyat.

"Hasil hitung cepat hari ini menjadi bukti tak terbantahkan bahwa kerja-kerja Pak Jokowi sangat diterima rakyat. Pak Prabowo dan Mas Gibran akan melanjutkan itu semua," jelasnya.

Hingga pukul 12.10 WIB, Kamis, sejumlah lembaga survei, seperti Charta Politika Indonesia dan Kedai Kopi, telah mengumumkan hitung cepat hasil Pilpres 2024.

Dalam hitung cepat lembaga survei Charta Politika Indonesia, hingga pukul 12.10 WIB, dari data yang masuk sebanyak 98,40 persen, Prabowo-Gibran unggul di posisi pertama dengan meraih suara sebesar 57,79 persen.

Baca juga: Usai salurkan hak suara, Kaesang yakin PSI masuk Senayan

Sementara itu, lembaga survei Kedai Kopi, hingga pukul 12.02 WIB, dari data yang masuk sebanyak 99,05 persen, pasangan calon nomor urut 2 tersebut unggul dengan perolehan suara sebesar 59,18 persen.

Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.

Baca juga: Survei SPIN: Partai Gelora dan PSI lolos ambang batas parlemen

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024