Dari jumlah itu, terinci wisatawan dewasa 4.602 orang dan anak-anak 177 orang. Kemudian, dari total pengunjung 4.779 orang yang berwisata, sebanyak 95 persen mendapatkan diskon tiket setengah harga dalam rangka pemilu
Magetan (ANTARA) - Ribuan wisatawan dari berbagai daerah memanfaatkan potongan atau diskon harga tiket masuk tempat wisata Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur dalam rangka Pemilu 2024 dengan menunjukkan jari bertinta pemilu.

Kepala Bidang Pengelolaan Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Magetan Eka Radityo di Magetan, Kamis mengatakan total kunjungan wisatawan ke Telaga Sarangan pada libur Pemilu 2024 tanggal 14 Februari mencapai 4.779 orang.

"Dari jumlah itu, terinci wisatawan dewasa 4.602 orang dan anak-anak 177 orang. Kemudian, dari total pengunjung 4.779 orang yang berwisata, sebanyak 95 persen mendapatkan diskon tiket setengah harga dalam rangka pemilu," ujar Eka.

Menurut dia, masyarakat cukup antusias memanfaatkan diskon tersebut untuk berwisata ke Telaga Sarangan Magetan.

Pihaknya juga mengapresiasi, sebab warga yang mendapatkan diskon tersebut otomatis telah berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilu 2024 menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS di daerahnya masing-masing.

Salah satu wisatawan asal Ngawi, Juniarti mengaku sengaja memanfaatkan diskon tersebut untuk berwisata bersama keluarga.

"Mumpung libur dan ada diskonya, jadi usai nyoblos kemarin sengaja ke sini bersama keluarga," kata dia.

Pemkab Magetan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memberikan diskon 50 persen untuk tiket berwisata ke Telaga Sarangan bagi warga yang telah menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 2024.

Adapun diskon 50 persen tersebut berlaku selama periode tanggal 14-18 Februari 2024. Terdapat sejumlah syarat untuk mendapatkan potongan harga hingga 50 persen berwisata tersebut. Yakni dengan menunjukkan jari yang telah mendapat tanda khusus tinta pemilu saat membeli tiket. Adapun, harga tiket masuk Telaga Sarangan adalah sebesar Rp20 ribu per orang.

Ataupun bisa menunjukkan bukti lain yang dipersamakan seperti foto ataupun video yang bersangkutan setelah mencoblos.

Diskon tiket berwisata tersebut tidak hanya berlaku di tempat wisata Telaga Sarangan Magetan, namun juga berlaku untuk berwisata ke Telaga Wahyu dan Kebun Refugia Magetan.

Pemberian diskon tiket berwisata tersebut selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Magetan, juga bertujuan untuk mendukung kesuksesan dan partisipasi Pemilu Serentak 2024.

Baca juga: Magetan tingkatkan partisipasi pemilu dengan diskon wisata ke Sarangan

Baca juga: Pemkab Magetan mitigasi kerawanan bencana di jalur wisata Sarangan

Baca juga: Magetan agendakan 64 kegiatan pariwisata sepanjang tahun 2024

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024