kami melihat dalam setiap debat tidak ada topik terkait pariwisata yang dibahas
Jakarta (ANTARA) - Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno mengungkapkan, pemimpin terpilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diharapkan fokus dalam pengembangan pariwisata Indonesia.
 
“Tentunya diharapkan untuk dapat tetap fokus dalam pengembangan pariwisata Indonesia, karena kami melihat dalam setiap debat tidak ada topik terkait pariwisata yang dibahas,” ujar Pauline saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis.
 
Lebih lanjut, dirinya berharap pemimpin terpilih dapat menciptakan iklim bisnis dan usaha yang kondusif serta tidak ada demonstrasi.
 
“Kami kira para pasangan calon (capres/cawapres) adalah negarawan yang cinta Indonesia dan mengharapkan yang terbaik untuk negeri kita,” ujarnya pula.
 
Ia juga menambahkan, usai melihat hasil perhitungan cepat (quick count) Pemilu yang mengarah pada hasil unggul salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, dirinya mengakui mendapat informasi beberapa wisatawan mancanegara (wisman) menunda perjalanan ke Indonesia.
 
“Melihat hasil quick count Pemilu kemarin,saya mendapat info dari beberapa klien terutama dari perusahaan di luar negeri untuk sementara waktu memberlakukan work from home (WFH/bekerja dari rumah) , termasuk dari beberapa wisman yang menunda rencana perjalanan mereka ke Indonesia selama bulan Februari hingga April karena menunggu hasil Pemilu,” jelasnya.
 
Namun demikian, dirinya belum dapat memaparkan secara rinci jumlah dan asal wisman yang menunda perjalanan ke Indonesia.
 
Di sisi lain, sambil menanti hasil Pemilu 2024, pihaknya bakal tetap menjalankan program pameran wisata atau Astindo Travel Fair yang terjadwal pada 29 Februari hingga 3 Maret mendatang.

Baca juga: Menparekraf harap pemimpin mendatang fokus soal pangan hingga korupsi
Baca juga: BPD Bali catat metode bayar pungutan wisman mayoritas kartu kredit
Baca juga: Bali mulai terapkan pungutan wisman Rp150 ribu per orang

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024