Adapun, peristiwa fundamental yang menurut kita dapat mempengaruhi pergerakan market dengan cukup signifikan adalah potensi penurunan suku bunga Bank Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Head of Research Team PT Mirae Asset Sekuritas Robertus Hardy mengingatkan para pelaku pasar perlu tetap memperhatikan fundamental perusahaan/saham usai pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Sentimen jangka pendek seperti pemilu ini tidak akan relevan untuk memengaruhi pergerakan indeks," ujarnya kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Robert, panggilannya, menegaskan dalam jangka panjang sentimen fundamental akan lebih berpengaruh, di antaranya meliputi kinerja operasional dan keuangan dari masing-masing emiten, serta kondisi makro ekonomi dan makro industri dari masing-masing sektor industri.

Lanjutnya, sebesar apapun hasil kemenangan pemilu dan sehebat apapun presiden yang terpilih, apabila kedua faktor tersebut tidak dapat bertumbuh lebih positif, maka akan sulit bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) untuk melanjutkan kenaikan yang lebih tinggi ke depan.

"Adapun, peristiwa fundamental yang menurut kita dapat mempengaruhi pergerakan market dengan cukup signifikan adalah potensi penurunan suku bunga Bank Indonesia (BI)," ujar Robert.

Robert menyebut, penguatan IHSG pada perdagangan Kamis ini atau H+1 hari pencoblosan cenderung tidak setinggi yang diharapkan, karena pelaku pasar belum sepenuhnya memfaktorkan potensi terjadinya chaos, terutama apabila melihat proses yang dilalui menjelang pemilu.

"Di mana ada keprihatinan dari beberapa elemen masyarakat, terutama kalangan akademisi, bahwa ada pelanggaran etika yang menyebabkan kemenangan pasangan calon tertentu," ujarnya.

IHSG pada perdagangan hari ini ditutup menguat 93,54 poin atau 1,30 persen ke posisi 7.303,28.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.476.771 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,17 miliar lembar saham senilai Rp16,23 triliun. Sebanyak 348 saham naik, 201 saham menurun, dan 227 tidak bergerak nilainya.

Baca juga: OJK dan BEI siapkan aturan pembentukan 'liquidity provider' bagi saham
Baca juga: IHSG ditutup menguat ikuti bursa kawasan Asia dan global
Baca juga: BEI incar 3 perusahaan beraset di atas Rp3 triliun gelar IPO di 2024

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024