Melalui DoLC 2024 ini, diharapkan dapat menjadi titik temu yang tepat antara supply dan demand dalam menghadapi bonus demografi dan Revolusi Industri 4.0, serta angkatan kerja milenial
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Ketenagakerjaan Kemnaker Anwar Sanusi menyoroti pentingnya kegiatan yang menjadi titik temu antara pencari kerja dan pihak yang membutuhkan sebagai salah satu cara mengatasi masalah ketenagakerjaan ketidaksesuaian kemampuan pekerja dengan kebutuhan industri.

Dalam keterangannya di Jakarta Kamis, Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi memuji langkah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang menggelar Days of Law Career (DoLC) 2024 di Jakarta pada hari ini.

"Melalui DoLC 2024 ini, diharapkan dapat menjadi titik temu yang tepat antara supply dan demand dalam menghadapi bonus demografi dan Revolusi Industri 4.0, serta angkatan kerja milenial, sehingga dapat dikelola dengan baik," kata Anwar.

Menurutnya, terdapat problematika ketenagakerjaan yang terjadi selama ini seperti missmatch atau ketidaksesuaian antara lulusan pendidikan dengan kebutuhan industri saat ini. Terdapat pula isu link and match atau penggalian kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja ke depan.

Keduanya disebabkan salah satunya karena ketiadaan titik temu ekosistem ketenagakerjaan. Karena itu, Kemnaker secara rutin mengadakan bursa tenaga kerja yang mempertemukan pencari kerja dengan pihak dunia usaha yang membutuhkan tenaga kerja.

"Kita berterima kasih kepada demand -penerima tenaga kerja- dari berbagai perusahaan yang membuka konter lowongan kerja kepada para mahasiswa yang sebentar lagi mengakhiri masa studinya dan sebagian alumni fakultas hukum," kata Anwar.

Dalam kesempatan itu dia juga memberikan apresiasi kepada sejumlah perusahaan selaku penerima pekerja yang ikut terlibat dalam DoLC 2024 memberikan kesempatan kepada para mahasiswa maupun sebagian alumni yang ingin berkarier lebih luas dan lebih menantang.

"Kemnaker siap berkolaborasi sebagai mitra FHUI untuk menyampaikan data-data dan informasi pekerjaan untuk menjadi titian karir mahasiswa yang masih kuliah atau alumni FHUI, " katanya.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024