Kesiagaan PLN dilakukan selama masa siaga pemilu hingga 18 Februari 2024 mendatang.
Denpasar (ANTARA) -
PT PLN (Persero) memastikan tidak ada gangguan pasokan kelistrikan pada tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di seluruh wilayah Bali dengan adanya 75 lokasi posko siaga.
 
“PLN memetakan setidaknya puluhan lokasi vital, yakni kantor KPU provinsi, KPUD di tingkat kabupaten, Bawaslu provinsi, kantor-kantor pemda, kantor TNI dan Polri, PPK hingga TPS yang harus dipastikan keamanan pasokan listriknya,” kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana, di Denpasar, Kamis.
 
Udayana menyatakan 75 posko yang disiapkan PLN merupakan posko keandalan sistem kelistrikan gabungan, terdiri dari posko siaga distribusi yang dikelola PLN UID Bali, dan posko lainnya yang dikelola oleh PLN Indonesia Power, PLN Unit Pelaksana Transmisi, dan Unit Pelaksana Pengatur Beban, serta PLN Icon Plus.
 
“Setiap jamnya kami pantau pergerakan pasokan listrik untuk memastikan keamanannya, dimana daya mampu pembangkit sebesar 1.326 megawatt dan proyeksi beban puncak di kisaran 1.038 megawatt, sehingga cadangan daya masih aman mencapai 22 persen,” katanya pula.
 
Udayana memastikan masing-masing lokasi memperoleh pengamanan hingga 2 sampai 3 lapis, yakni melalui jaringan listrik PLN dan cadangan pasokan listrik melalui UPS maupun genset.
 
“Sebanyak 837 personel disiagakan, 37 unit UPS, 18 unit genset, dan 29 unit UGB telah disiagakan di masing-masing lokasi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing,” ujar Udayana.
 
Kesiagaan PLN dilakukan selama masa siaga pemilu hingga 18 Februari 2024 mendatang.
 
Secara terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan PLN.
 
“Komunikasi dan koordinasi tak terputus terus dilakukan antarapetugas PLN dengan KPU maupun unsur-unsur terkait. Untuk itu, kami sampaikan terima kasih atas kerja samanya, dan semoga sinergi ini dapat terus berlanjut hingga akhir tahapan Pemilu selesai,” katanya lagi.
 
Lidartawan berharap agar seluruh komponen masyarakat dapat terus mendukung dan mengawal kesuksesan Pemilu 2024 ini, sehingga dapat berakhir dengan aman dan damai.
Baca juga: PLN Bali catat nihil kecelakaan kerja di tahun 2023
Baca juga: PLN Bali siagakan 837 personel di 71 posko pada Pemilu 2024

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024