Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan tim bulu tangkis putra dan putri Indonesia memiliki peluang untuk lolos dari babak perempat final atau fase knock out Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024.

Berdasarkan keterangan singkat dari PP PBSI, Kamis, skuad putri Indonesia akan berhadapan dengan tim tuan rumah, Malaysia, pada fase knock out yang digelar pada Jumat (16/2) pukul 09.00 WIB.

“Untuk di beregu putri lawan Malaysia, Indonesia punya peluang besar, saya lihat kansnya juga 50-50. Tinggal bagaimana perjuangan pemain di lapangan,” kata Rionny.

Lebih lanjut, Rionny menyoroti pentingnya para atlet untuk menunjukkan semangat bertarung yang tinggi demi bisa menembus babak delapan besar.

“Semoga performanya bisa lebih baik dibanding hari ini. Semua pemain juga harus menunjukkan semangat besar, punya nyali, dan berani bertarung,” ujar dia.

Baca juga: Indonesia maju ke perempat final BATC sebagai runnerup Grup D

Adapun skuad putri Merah Putih, yang merupakan juara Grup X BATC 2024, untuk pertandingan esok hari menghadapi Malaysia akan diperkuat oleh Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Komang Ayu Cahya Dewi di sektor tunggal.

Sementara pada sektor ganda ada Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dan pasangan yang baru dibentuk, yakni Amalia Cahaya Pratiwi/Rachel Allessya Rose.

Di sisi lain, tim putra Indonesia yang merupakan runnerup Grup D akan bertemu dengan salah satu tim kuat yaitu China pada fase knock out esok sore.

Menurut Rionny, Skuad Garuda Muda juga memiliki peluang berimbang dengan tim lawan untuk memenangkan laga dan maju ke babak semifinal.

“Di bagian beregu putra lawan China, peluang Indonesia tetap 50-50, semoga para pemain bisa tampil maksimal. Harapannya poin kemenangan itu bisa didapat dari dua sektor ganda dan satu tunggal,” kata Rionny.

Baca juga: Leo/Daniel akui bermain kurang aman saat hadapi pasangan baru Korea

Ia menilai, penampilan tim putra di fase grup sudah cukup baik, asalkan mampu mengatur fokus dan ketenangan saat bertanding di arena pertandingan nanti.

“Saya lihat pemain tunggal putra juga sudah menunjukkan performanya. Alwi Farhan bisa bermain nothing to lose dan dalam pertandingan-pertandingan sebelumnya terlihat dia bisa menguasai arena pertandingan,” ujar Rionny.

Untuk tim putra, daftar nama atlet yang akan berlaga di babak perempat final esok hari masih belum diumumkan di keterangan PP PBSI maupun laman resmi BWF.

Baca juga: Stephanie tuntaskan kemenangan Indonesia atas Hong Kong jadi 5-0

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024