Beijing (ANTARA News) - Produsen alat telekomunikasi China Huawei akan menciptakan 5.500 pekerjaan di Eropa dalam lima tahun untuk memperluas layanan di wilayah tersebut, demikian ditulis harian setempat China Daily, Sabtu.

Presiden Pemasaran dan Solusi Huawei Enterprise Business Grup Patrick Zhang, seperti dikutip Reuters di laman Yahoo! Australia mengatakan produsen perlatan telekomunikasi terbesar kedua dunia itu akan menawarkan solusi teknologi informasi untuk bisnis Eropa.

Bisnis tersebut diharapkan bisa menggerakan omzet sebesar 1 miliar dolar AS dalam tempo tiga hingga lima tahun ke depan, tambahnya.

Perusahaan itu melakukan ekspansi ditengah tuduhan Komisi Eropa atas perilaku anti-kompetitif dengan rekannya  ZTE.

Zhang engatakan Eropa menawarkan pertumbuhan yang lebih potensial ketimbang Amerika Serikat setelah ada laporan bahwa perusahaan itu menimbulkan ancaman keamanana dan harus diblok dari pasaran.

"Progres ekspansi di Eropa ini berbeda dengan AS, dimana kami mengalami kesulitan akses karena beberapa alasan dari pihak Amerika," katanya.

Perwakilan Huawei mengatakan sebelumnya perusahaan itu berharap bisa meningkatkan pendapatan tumbuh sekitar 10 persen per tahun setelah lima tahun ke depan, sebagian besar perangkat dan layanan. Pada 2012, pendapatan perusahaan itu mencapai 35 miliar dolar AS.

Penerjemah: Ade Irma Junida
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013