Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat berharap pemilihan umum (Pemilu) 2024 menghasilkan wakil rakyat yang punya atensi lebih untuk olahraga di tanah air, seperti disampaikan Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Marciano Norman. 

"Saya yakin bahwa proses pemilu ini berjalan dengan aman dan damai untuk menuju Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang. Harapan saya, ke depan, siapa pun pemenang dalam pemilihan umum ini memberikan perhatian lebih kepada olahraga Indonesia,” kata Marciano Norman dalam keterangan resmi yang diterima pewarta, Jumat.

Menurut dia, anggota legislatif yang nantinya terpilih dapat memberikan perhatian untuk olahraga melalui fungsi legislasi, kontrol maupun alokasi anggaran. 

“Olahraga adalah bagian dari karakter pembangunan bangsa ini. Oleh karenanya, mari kita bersama menjadikan olahraga ini sebagai kekuatan kita, olahraga yang dimulai dari keluarga, berkembang di sekolah, dan bagi mereka yang memang berbakat menjadi atlet-atlet berprestasi sehingga menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang kompetitif menghadapi berbagai tantangan," tambah Marciano.

Selain itu, Marciano juga mengharapkan pemenang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dapat memberikan perhatian lebih kepada pembinaan olahraga dimulai dari ranah keluarga hingga ke sekolah.

Ia pun berpesan pembinaan olahraga prestasi yang mengangkat harkat dan martabat bangsa juga terus diperhatikan.

“Saya berharap sekali pemenang dalam Pilpres ini memberikan perhatian lebih kepada pembinaan olahraga baik itu dari keluarga, hingga ke sekolah dan pembinaan olahraga prestasi yang selalu mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia,” ujar Marciano.

Menurut Marciano, nilai dalam olahraga yang ditanamkan kepada pelakunya sangat dibutuhkan bangsa Indonesia untuk lebih baik, misalnya sportivitas, persahabatan, saling menghormati, disiplin, mempersiapkan serta berlatih untuk hasil terbaik, tidak mudah menyerah, tidak cepat puas dengan capaian, dan berbagai nilai positif lainnya.
Baca juga: KONI optimalkan penyelenggaraan cabang olahraga ekshibisi di PON
Baca juga: Ali Budimansyah harap presiden terpilih memajukan sektor olahraga
Baca juga: KOI berharap hasil pemilu 2024 dorong olahraga kian berprestasi


Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024