Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi tingkat kedisiplinan para nasabah Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam melunasi cicilan pinjaman.

"Yang saya senang kredit macetnya hanya 0,5 persen kecil sekali ini. Ini menandakan ibu-ibu sangat disiplin dan mengangsur, disiplin mencicil atas uang yang telah ibu-ibu ambil, ini bagus sekali," katanya saat menjumpai nasabah PNM Mekaar di GOR Basket Stadion Patriot, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan uang yang beredar melalui program pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku UMKM di Indonesia itu hingga sekarang mencapai Rp244 triliun untuk 15,2 juta nasabah.

Dia mengatakan jumlah alokasi anggaran itu meningkat sejak kali pertama PNM Mekaar bergulir pada 2015-2016 mencapai Rp800 miliar.

"Saya ingat di 2015-2016 nasabah Mekaar itu baru 400 ribu saat itu di seluruh Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi bingung dengan nama makanan seblak

Artinya, kata dia, PNM Mekaar menjadi program pemerintah yang bermanfaat dan mengedukasi masyarakat untuk bekerja keras, disiplin, dan bersemangat kerja.

Presiden juga mengapresiasi kreativitas nasabah PNM Mekaar dalam berusaha, salah satunya terkait bentuk kemasan produk yang kian bervariasi dan bersaing di pasar domestik maupun internasional.

"Saya senang tadi di depan ada pameran produk-produk daru nasabah. Saya melihat tadi ini yang namanya Kerupuk Miskin. Ini saya lihat yang pertama packaging-nya, kemasannya sangat bagus sekali. Kalau produk-produk dikemas dengan cara seperti ini gampang jualnya," katanya.

Selain itu, ia menyatakan optimistis dengan kreativitas produk yang kian meningkat karena menjadi peluang pasar bisa semakin terbuka lebar.

"Namanya bagus, Dewi Putri, ini dijual di pasar bisa, bisa dijual di warung bisa, ini juga sama bisa dijual di hypermarket bisa, online bisa," katanya mengomentari salah satu produk UMKM minuman.

Baca juga: Presiden Jokowi jumpai nasabah PNM Mekaar di Kota Bekasi
Baca juga: Jokowi Acungkan Jempol Untuk Produk Ibu Sri, Nasabah PNM Mekaar
Baca juga: Presiden: Rp244 triliun dana PNM Mekaar tersalurkan ke 15 juta nasabah

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024