"Acara ini dibuka untuk umum dan gratis, mulai hari ini sampai besok, Sabtu (17/2). Silakan warga untuk datang,"
Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menyambut kedatangan tiga pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron Udara 1 Pangkalan Udara (Lanud) Supadio Pontianak, di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF), Kota Tanjungpinang.

"Kedatangan pesawat Hawk 100/200 ini dalam rangka pelaksanaan misi latihan maverick dan terbang jelajah. Misi dipimpin oleh Komandan skadron 1 Letkol PNB M. Syaifudin," kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) RHF, Kolonel PNB Andi Nur Abadi kepada Gubernur Ansar, Jumat (16/2).

Danlanud menyebut misi ini dimulai pada tanggal 16 Februari 2024 yang melaksanakan terbang jelajah dan maverick dengan rute Lanud Supadio Pontianak menuju Lanud RHF Tanjungpinang, dan dilanjutkan pada tanggal 17 Februari 2024 berangkat melanjutkan misi latihan dan terbang jelajah dari Lanud RHF Tanjungpinang menuju Lanud Roesmin Noerjadi Pekanbaru.

Dalam kesempatan ini, Lanud RHF juga menggagas penyelenggaraan Open Base dan Static Show untuk masyarakat Tanjungpinang dan sekitarnya agar dapat melihat secara langsung alutsista pesawat kebanggaan TNI Angkatan Udara.

Selain tiga pesawat Hawk 100/200, kegiatan ini juga melibatkan pesawat Heli H-225m/h-2215 dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sanjaya Bogor, dan pesawat Hercules C-130 dari Skadron 33 Lanud Sultan Hasanudin Makassar.

"Acara ini dibuka untuk umum dan gratis, mulai hari ini sampai besok, Sabtu (17/2). Silakan warga untuk datang," ujar Danlanud RHF.

Sementara, Gubernur Ansar Ahmad mengapresiasi Lanud RHF sebagai penggagas acara Open Base dan Static Show. Ia mengatakan ajang ini dapat dijadikan sebagai hiburan dan sarana pendidikan bagi masyarakat dan pelajar.

"Sekaligus membangun semangat kedirgantaraan bagi anak-anak kita, memperkenalkan beberapa alutsista yang hari ini digunakan TNI," ucapnya.

Kemudian bicara masalah kedaulatan, Gubernur Ansar menekankan pentingnya perhatian pemerintah pusat dalam meningkatkan intensitas pengawasan.

"Ada 22 pulau terdepan di Kepri yang membutuhkan pengawasan-pengawasan melalui jalur udara dan laut oleh jajaran TNI," ucap Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar Ahmad didampingi Danlanud RHF Kolonel PNB Andi Nur Abadi pun sempat menjajal kokpit salah satu pesawat tempur Hawk 100/200 tersebut.

Pewarta: Ogen
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024