Sangat optimistis karena satu batu loncatan telah kita lewati, yaitu pemilu yang aman, damai, dan kondusif
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pihaknya optimistis target kontribusi kepariwisataan terhadap ekonomi Indonesia melampaui target yang sebelumnya telah ditetapkan.

Ia menyampaikan salah satu alasan dirinya optimistis yakni karena Indonesia kini telah melewati fase elektoral pemilihan umum yang aman dan kondusif.

"Sangat optimistis karena satu batu loncatan telah kita lewati, yaitu pemilu yang aman, damai, dan kondusif. Sehingga kita meyakini di kuartal pertama ini kita akan tumbuh di atas target kita," katanya ditemui usai acara Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kemenparekraf di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut ia mengatakan pemenuhan realisasi target kepariwisataan tersebut akan dilakukan secara berjenjang mulai dari kuartal satu, dua, hingga tiga yang pada akhir tahun memiliki target kumulatif yakni sebanyak 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Sedangkan untuk proyeksi target kontribusi pariwisata di tahun 2024 terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional yakni sebanyak 4,5 persen atau sebesar Rp202 triliun.

"Kita harapkan 14,3 juta terlampaui sehingga target 4,5 persen bisa tercapai," ujarnya.

Adapun strategi yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut yakni dengan memaksimalkan penyelenggaraan acara (event) baik skala nasional maupun internasional, serta mengoptimalkan program Karisma Event Nusantara(KEN).

"Karisma Event Nusantara ada 110 kegiatan unggulan, tapi juga ada kegiatan-kegiatan lain yang kita kolaborasikan," katanya.

Sebelumnya pada tahun 2023 Kemenparekraf menargetkan nilai kontribusi sektor pariwisata terhadap devisa yakni sebesar 7,09 miliar dolar AS sampai 9,99 miliar dolar AS atau sekitar Rp154 triliun

Sementara itu Kemenparekraf mencatat di tahun sebelumnya, realisasi nilai devisa kepariwisataan Indonesia terhadap PDB yakni sekitar Rp161 triliun.

Sedangkan untuk target kunjungan wisman di tahun 2023 yakni sebanyak 8,5 juta yang dibarengi dengan kunjungan wisatawan lokal sebanyak 1,4 miliar perjalanan.

Baca juga: Dua agenda Banyuwangi Festival kembali masuk KEN 2024 Kemenparekraf
Baca juga: Dinas Pariwisata: Wisata Kalsel masuk Kharisma Event Nusantara 2024

 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024